PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET TERHADAP UKURAN PERUSAHAAN DENGAN DEBT TO EQUITY RATIO SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019

  • Bambang Wahyudi Wicaksono Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Current Ratio, Size, Debt Equity Ratio, Return on Asset, Moderasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Current Ratio, Size Perusahaan Terhadap ROA dengan Debt Equity Ratio sebagai variabel moderasi secara simultan dan parsial.

Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Asosiatif, dengan menggunakan data panel yang terdiri dari sampel sebanyak 33 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan periode waktu dari tahun 2017 sampai dengan 2019. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, sehingga keseluruhan sampel data yang digunakan sebanyak 99 data.

Analisa Data dengan menggunakan alat bantu program Eviews 9, diperoleh hasil dari Uji F bahwa terdapat pengaruh variabel Current Ratio, Size dan DER sebagai variabel moderasi secara simultan yang signifikan terhadap variabel ROA, dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa Current ratio berpengaruh signifikan secara parsial terhadap ROA sedangkan size perusahaan tidak berpengaruh signifikan secara parsial, sedangkan DER sebagai variabel moderasi berhasil memoderasi hubungan Current Ratio terhadap ROA, serta berhasil memoderasi hubungan Size Perusahaan terhadap ROA.

References

Gisela P. Rompas, ”Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas terhadap Nilai Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI,Jurnal EMBA”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, 2013.

Fahmi, Irham, Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kedua. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta, 2012. Lukas Setia Atmaja, Manajemen Keuangan, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2008

Harahap S Sofyan, Analisis kritis Laporan keuangan, cetakan ketiga, edisi.1, Raja Grafindo Persada, Jakarta,

A Kasmir, Analisa Laporan Keuangan, cetakan ke delapan, Jakarta, PT Raja Grafindo,2015.

Nurlela dan Islahudin, Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Persentase Kepemilikan Manajemen, 2008.

Maryati Rahayu, Ikraith Humaniora, vol 2, no2, Bulan Maret, 2018, Jakarta

Valentino dan Sunarto, Manajemen Keuangan,

Ross, Stephen A, Randolph W, dan BradfordD. Jourdan, Fundamentals of Corporate Finance, Fifth Edition, Boston: Irwin Mc Graw –Hill, 2000.

Dita, Amalia Husna, dan Isrocmani Murtaqi, The Effect Of Margin, Price To book Value and Debt To Equity Ratio To Stock Return In The Indonesian Consumer Good Industry, Jounal Of Business and management, Vol 3 No.3, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Setiyono, Erik dan Lailatul Amanah, Pengaruh Kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap Return Saham, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, No.5, Mei 2016

Arista, D, Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham (Kasus pada perusahaan Manufaktur yang go publik di BEI periode tahun 2005-2009, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, vol 3, No1.Mei.2012

Kristiana, V, Avis dan U. Sriwidodo, Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Return Saham Investor pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol 12, no 1, April, hal 1-11,

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2014

Juniarti. Penggunaan Economic Value Added (EVA) dan Tobin’s Q Sebagai Alat Ukur Kinerja Finansial Perusahaan di Industri Food and Beverage Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, 2009.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analysis Multivariate dengan IBM SPSS 21, Badan Penerbit UNDIP, 2013

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-04-23
How to Cite
Wicaksono, B. (2021). PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET TERHADAP UKURAN PERUSAHAAN DENGAN DEBT TO EQUITY RATIO SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(1), 93-110. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i1.230