DIMENSI-DIMENSI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Organizational Citizenship Behavior, Perspektif Islam, Dimensi

Abstract

Organizational Citizenship Behavior adalah sikap yang ditunjukkan oleh produktivitas individu di luar tanggung jawabnya dan diartikan sebagai kemauan karyawan untuk bekerja sama (willingness to cooperative) yang menjadi faktor penting untuk efektivitas pencapaian tujuan organisasi. Perilaku OCB juga merupakan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam yang mengajarkan dalam Al-Qur’an bahwa umat Islam untuk saling tolong menolong dalam berbuat kebajikan dan taqwa dan melarang umatNya. Dalam perspektif Islam OCB merupakan tindakan sukarela dari individu yang sesuai dengan Syariah Islam dan hanya mengharapkan falah atau ridha Allah SWT. Dari hasil review pada beberapa literatur dan hasil penelitian maka dimensi OCB yang berperspektif Islam adalah: Dimensi Ta’awun (saling tolong menolong), Dimensi Mujahaddah (sungguh-sungguh), Dimensi Al-Eathaar (Suci, ikhlas), Dimensi Da’wah (menyeru dan mengajak kebaikan), Dimensi Raf’al haraj (menghilangkan kesukaran/kerugian), Dimensi Jujur dalam bekerja, Dimensi qona’ah (rela menerima, tidak mengeluh), Dimensi muru’ah (menjaga harga diri). Karyawan dengan OCB berperspektif Islam akan menunjukkan sikap ukhuwah Islamiah yang menerapkan dan menjalankan ajaran dalam syariat Islam dan proses bisnis organisasi akan berjalan damai, tenteram dan membawa ketenangan bagi seluruh karyawan. Organisasi sangat perlu mendapatkan kinerja karyawan yang benar-benar bekerja dengan hati ikhlas dan sepenuh hati agar organisasi mencapai keunggulannya.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya, 2000, Assalamah, CV. Asy Syifa’, Semarang, Indonesia

Aldag, R & Reschke, W. 1997, Employee Value Added:Measuring Dictionary Effort and its Value to The Organization. Center for Organization Effectiveness.

Diana, Ilfi Nur, 2012, Organizational Citizenship Behavior dalam Islam, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Jilid 1, Nomor 2, November 2012

Hamsami, 2018, Perspektif Islam pada Etos Kerja, Kompetensi dan Kepribadian dalam meningkatkan OCB dengan perilaku Berbagi Pengetahuan sebagai Variabel Moderasi Karyawan Bank Syariah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kamil, Naail Mohammed. dkk. (2014). Investigating The Dimensionality of Organisational Citizenship Behaviour from Islamic Perspective (OCBIP): Empirical Analysis of Business Organisations in Southeast Asia. Asian Academy of Management Journal, Vol. 19, No. 1, 17–46.

Organ, D. W, 1988. Organizational Citizenship Behavior: The good soldier syndrome, Lexington Books/DC Health and Com

Wibowo, U.D.A. dan Dewi, D.S.E. (2016). The Role of Religiosity on Organizational Citizenship Behavior of Employee of Islamic Banking. The Second International Multidisciplinary Conference. 1235-1239 ISBN 978-602-17688-9-1.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-04-23
How to Cite
Adiawaty, S. (2021). DIMENSI-DIMENSI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DALAM PERSPEKTIF ISLAM. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(1), 135-138. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i1.233