KONTRAK PSIKOLOGIS DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Kontrak Psikologis, Kepuasan Kerja

Abstract

Para karyawan dalam suatu perusahaan harus menjalankan serangkaian tugas dengan berbagai halangan dan rintangan yang harus mampu diatasi guna mencapai tuntutan yang telah ditetapkan oleh perusahaan disaat awal memulai bekerja. Perusahaan telah menetapkan serangkaian job description yang harus dijalankan oleh seorang karyawan. Kesepakatan yang dibentuk antara karyawan dan perusahaan  merupakan awal motivasi yang mulai dirasakan oleh seorang karyawan serta mulainya kepercayaan yang dberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang dikenal dengan istilah kontrak psikologis. Kontrak psikologis adalah  serangkaian harapan yang tidak tertulis antara setiap anggota dengan manajer. Kontrak psikologis mengacu pada keyakinan individu terhadap persetujuan yang bersifat timbal balik berupa keyakinan terhadap janji yang dibuat yang mengikat pihak-pihak pada serangkaian kewajiban. Kepuasan kerja bagi karyawan juga dipengaruhi  oleh kuat tidaknya kontrak psikologis yang terjadi antara karyawan dan perusahaan yang diwakili oleh bagaih HRD. Berkurangnya rasa kepercayaan yang terjadi diantara karyawan dan perusahaan akn mempengaruhi pada kinerja karyawan. Terutama mempengaruhi kpuasan kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan.

References

Griffin, Ricky W. Gregory Moorhead. Organizational Behavior: Managing People and Organizations, Eleventh Edition. South-Western, Cengange Learning, 2014.
Garry Desler, 1986, Manajemen Personalisasi Teknik dan Konsep Modern, Jakarta, Erlangga.
Garry Dessler, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.
Published
2018-09-24
How to Cite
Adiawaty, S. (2018). KONTRAK PSIKOLOGIS DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(3). https://doi.org/10.55886/esensi.v20i3.28