MEMBANGUN VISI PERUSAHAAN

  • Moh Muslim Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Visi Perusahaan

Abstract

Setiap organisasi/perusahaan memiliki impian dan tujuan jangka panjang yang hendak diraih. Inilah yang disebut dengan visi. Visi adalah angan-angan atau imajinasi seseorang tentang usaha atau bisnis atau diri mereka suatu saat nanti. Visi bukan hanya mimpi, tetapi sebuah  pernyataan singkat, tidak lebih dari 3-4 kalimat (Succinct) yang memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada anggota organisasi (Appealing). Visi akan dapat dicapai dengan sumber daya, energi, waktu (Feasible). Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif anggota organisasi (Meaningful), dan bisa diukur (Measurable).

References

Carol A. O’Connor, 2002, Kepemimpinan yang Sukses dalam Sepekan, terj. Sugeng Panut, Kesaint Blanc, Jakarta
Crown Dirgantoro, 2001, Manajemen Stratejik, Konsep, Kasus, dan Implementasi, Grasindo, Jakarta
Dian Dwi Anisa, 2015, Be A Super Leader, Cemerlang Publishing, tt, Cet.I
Fred R. David & Forest R. David, 2016, Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Berbasis Konsep , Salemba Empat, Jakarta
Moh. Muslim dan Sururin: “Kepemimpinan Kharismatik yang Visioner” dalam Jurnal Esensi, Vol. 19 No. 2/2016.
Mudrajad Kuncoro, 2005, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif ?, Erlangga, Jakarta
Sudaryono, 2014, Leadership Teori dan Praktek Kepemimpinan, Lentera Ilmu Cendekia, Jakarta
Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud RI, Jakarta
https://www.kompasiana.com/rmsp/visi-misi-perangkat-organisasi-yang-kerap-terlupakan
https://heru.wordpress.com/2006/07/26/mereview-kembali-visi-misi-organisasi/
http://ibn.ac.id/journal/19-2/ESENSIV19N2
Published
2018-09-24
How to Cite
Muslim, M. (2018). MEMBANGUN VISI PERUSAHAAN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(3), 144-152. https://doi.org/10.55886/esensi.v20i3.34