ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi kualitas produk dan harga iphone, danĀ apakah kualitas produk, harga dan gaya hidup secara bersama-sama dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta bagaimana tingkat kepuasan pengguna pasca pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian menggunakan data primer yang berupa kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu analisis profil responden, uji validitas, uji reliabilitas, rentang skala, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji f dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas produk iphone adalah berkualitas. Sedangkan pada persepsi harga responden setuju bahwa harga iphone bersaing, sesuai manfaat yang diperoleh dan sesuai dengan kualitas. Kemudian penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan gaya hidup secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada analisis pasca pembelian responden setuju bahwa responden puas dan akan tetap menggunakan iphone.
References
[2] Freddy Rangkuti, Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Pt.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2009.
[3] Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta, 2006.
[4] Philip kotler dan Kevin Lane keller, Marketing Management, edisi 13 jilid 1, Erlangga, Jakarta 2009.
[5] Sumarni Murti dan John Soeprihanto, Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan), Edisi ke 5, Liberty, Yogyakarta, 2010.
[6] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid 2, Erlangga, 2009.
[7] Philip Kotler dan Gary Amstrong, Marketing Management, Edisi Keempat belas. Global Edition : Pearson Edition, 2012.
[8] Darmadi et.al, Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar, Gramedia pustaka utama Jakarta, 2004.
[9] Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang, 2005.
[10] Vincent Gaspersz, Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Bisnis, Edisi Revisi & Perluasan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1996.
[11] Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Strategi Pemasaran, Pustaka Setia, Bandung, 2015.
[12] Rosvita Dua Lembang, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro, Semarang, 2010.
[13] Peter J.Paul dan Jerry C.Olson, Consumer behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat Jilid 1. Erlangga, Jakarta, 2000.
[14] Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001.
[15] Bernard T. Widjaja, lifestyle marketing, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2009.
[16] Sumarwan, Ujang dkk, Riset Pemasaran dan Konsumen, IPB Press, Bogor, 2011.
[17] Philip Kotler, et all, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Sudut Pandang Asia, Pt.Index, Jakarta, 2004.
[18] Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, ALFABETA, Bandung, 2015.
[19] V.Wiratna Sujarweni, Metode Penelitian, Pustaka Baru Press, yogyakarta, 2014.
[20] Duwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, Cetakan Ketiga, PT. Buku Kita, Jakarta, 2009.
[21] Rosady Ruslan, Metode Penelitian, Pt.RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2013.
[22] Darmadi Duniarto, dkk, Strategi Menaklukkan Pasar, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.
[23] Suharyadi purwanto, Statistika Untuk Ekonomi Data Keuangan, Salemba Empat, Jakarta, 2007.