ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI FAKTOR PEMODERASI

  • Triasesiarta Nur Institut Bisnis Nusantara
  • Dewi Aisyah Mustofa Alumni Institut Bisnis Nusantara
Keywords: PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DIVIDEND PAYOUT RATIO, LIKUIDITAS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah profitabilitas, struktur aset, dividend payout ratio dan likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada periode pengamatan 2011-2014. Selain menguji pengaruh tersebut, juga akan diujikan keberadaan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional yang dalam model ini akan digunakan sebagai faktor pemoderasi dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh profitabilitas, struktur aset, dividend payout ratio dan likuiditas terhadap struktur modal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling dan model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan data panel.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aset, age, size, dan growth berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Akan tetapi, dividend payout ratio dan likuiditas yang diproksikan dengan current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan keberadaan kepemilikan manajerial sebagai faktor pemoderasi memperlemah pengaruh return on asset dan struktur aset terhadap struktur modal dan memperkuat pengaruh current ratio terhadap struktur modal. Akan tetapi, kepemilikan manajerial tidak memoderasi pengaruh dividend payout ratio terhadap struktur modal. Untuk keberadaan kepemilikan institusional memperkuat pengaruh return on asset dan dividend payout ratio dan memperlemah pengaruh struktur aset terhadap struktur modal. Akan tetapi, kepemilikan institusional tidak memoderasi pengaruh current ratio terhadap struktur modal.

References

Alfredo Mahendra, 2012. Pengaruh kinerja keuangan terhadap Nilai Perusahaan (kebijakan dividen sebagai variabel moderating) Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Tesis. Universitas Udayana.
Ali Kesuma,2009. Analisis faktor yang mempengaruhi struktur modal serta pengaruhnya terhadap harga saham perusahaan Real Estate yang go publik di BEI. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. ISSN 2338-8234.
Andika Wisnu S.R dan Ni Nyoman Alit T, 2014. Pengaruh arus kas bebas, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008 – 2012. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) Vol 2. No.4 Pp. 1619-1629.
Anzlina, Corry Winda dan Rustam, 2013. Pengaruh tingkat likuiditas, solvabilitias, aktivitas dan profitabilitas terhadap Nilai perusahaan real estate dan property di BEI tahun 2006 – 2008. Jurnal Ekonomi, Vol. 16.
Brigham dan Houston, 2006. Fundamentals of Financial Management, Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.
Damayanti, 2013. Pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, peluang bertumbuh dan profitabilitas terhadap struktur modal (studi kasus pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI). Jurnal perspektif Bisnis, Vol.1., Juni 2013.
Farah Margaretha, Aditya Rizky Ramadhan, 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada industri manufaktur di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol 12. No. 2. Agustus 2010. Hal. 119-130.
Febriana Tansyawati, Nur Fadjrih Asyik, 2015. Pengaruh struktur aset, profitabilitas, keputusan investasi dan risiko bisnis terhadap struktur modal. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol 4. No. 4 .
Ginanjar Indra Kusuma, Suhadak Suhadak, Zainul Arifin, 2013. Analisis pengaruh profitabilitas dan tingkat pertumbuhan terhadap struktur modal dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di BEI periode 2007-2011). E. Journal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Gitman, Lawrence J., 2000. Principles of Managerial Finance, seventh edition. Massachussets : Addison-Wesley Publishing Co.
Glenn Indrajaya, Herlina, Rini Setiadi, 2011. Pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, dan risiko bisnis terhadap struktur modal : studi empiris pada perusahaan sektor pertambangan yang listing di BEI periode 2004-2007. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 06 Tahun ke 2 September-Desember 2011.
Husnan, Suad, 1989. Pembelajaan Perusahaan (Dasar-dasar Manajemen Keuangan). Edisi ketiga, Liberty, Yogyakarta.
Joni dan Lina, 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal., Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12, No.2, Agustus 2010, Hlm. 81-96.
Lidia Hariyanto dan Juniarti, 2014. Pengaruh family control, firm risk, firm size dan firm age terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada sektor keuangan Business Accounting Review, Vol. 2.
Ludwina, Harahap, Ratna Wardhani, 2012. Analsis komprehensif pengaruh family ownership, masalah keagenan, kebijakan deviden, kebijakan hutang, corporate governance dan opportunity growth terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XV Solo.
Maftukhah, Ida, 2013. Kepemilikan manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kinerja Keuangan sebagai penentu Struktur modal Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 69-81.
Riski Dian Infantri dan Suwitho, 2015. Pengaruh likuiditas, profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 4. No 7.
Sarsa Meta Nugraha, R. Djoko Sampuro, 2012. Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terhadap di BEI periode 2008-2010. Jurnal Diponegoro Business Review Vol.1 No. 1 Hal. 1-9.
Seftianne, Ratih Handayani ,2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan publik sektor manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.13. No.1 Hal. 39-56.
Siti Hardianti dan Barbara Gunawan, 2010. Pengaruh size, likuiditas, profitabilitas, risiko dan Pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal (studi empiris pada perusahaan manufaktur di BEI). Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 11 no 2, hal 138-154.
Sri Hermuningsih ,2013. Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Oktober 2013.
Sugiyono, 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung Alfabeta.
Sumani dan L. Rachmawati, 2012. Analisis Struktur modal dan beberapa faktor yang mempengaruhinya pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Emas Vol 6 no 1.
Tatik Agustini, 2015. Pengaruh struktur aktiva, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4, N0.8
Tri Wahyuni, Endang Ernawati, Werner Murhadi, 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan di sektor property, real estate dan building construction yang terdaftar di BEI periode 2008 – 2012. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya vol.2 No. 1.
Published
2018-09-25
How to Cite
Nur, T., & Mustofa, D. (2018). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI FAKTOR PEMODERASI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(2), 29-54. https://doi.org/10.55886/esensi.v20i2.38