PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. NUR MEDINAH INTERMEDIA

  • Albert Budiyanto Institut Bisnis Nusantara
  • Alfaka Muhammad Alumni Institut Bisnis Nusantara
Keywords: MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, STRESS KERJA, PT. NUR MEDINAH INTERMEDIA

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor paling menentukan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Sumber daya manusia dituntut unggul dan profesional dalam kerjanya demi kemajuan dan pencapaian tujuan perusahaan. Keberhasilan karyawan didukung oleh kinerja karyawan. Kinerja karyawan yang baik akan memberikan hasil dan produktivitas yang baik. Kinerja karyawan bisa dicapai dengan memperhatikan motivasi kerja. Disiplin kerja juga faktor yang penting untuk melihat kinerja karyawan. Disiplin yang baik menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas yang diberikan. Stres juga mempengaruhi kinerja seorang karyawan karena stres dapat menimbulkan gangguan baik secara fisik maupun psikologis karyawan yang bisa menyebabkan turunnya kinerja seseorang.

Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, dan stres kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai. Sedangkan secara partial tidak ada pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai, ada pengaruh disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai dan ada pengaruh stres kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai.

References

[1] Stephen P. Robbins dan Mary Coulter. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2010.
[2] Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2005.
[3] Igor S, Pekerjaan Anda Bagaimana Mendapatkannya Bagaimana Mempertahankannya, Alih Bahasa, Dabara, Solo, 1997.
[4] Dermawan Wibisono, Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi : Panduan Penyusunan Indikator, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2011.
[5] Mutiara S. Panggabean, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.
[6] Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, PT. Grasindo, Jakarta, 2007
[7] A.A Anwar Prabu Mangkunegara, Evaluasi Kinerja SDM, Redaksi Refika, Bandung, 2014.
[8] Hulaifah Gaffar, Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) TBK Kantor Wilayah X Makassar, Makassar, 2012.
[9] Muhammad Dzulkifli, Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai, Jakarta, 2013.
[10] Sugiyono, Metode Penelitan Bisnis, ALFABET, Bandung, 2008
[11] Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS, Salemba Infotek, Jakarta, 2009
[12] Darmadi Durianto, Strategi Memimpin Pasar, Gramedia Pustaka, Jakarta, 2004
[13] Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro, Yogyakarta, 2005
Published
2018-09-25
How to Cite
Budiyanto, A., & Muhammad, A. (2018). PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. NUR MEDINAH INTERMEDIA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(2), 54-79. https://doi.org/10.55886/esensi.v20i2.39