PENILAIAN KOMPETENSI LEVEL DIREKTUR PADA ASSESSMENT CENTER

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: ASSESSMENT CENTER

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran profil kompetensi relatif terhadap profil kompetensi yang dipersyaratkan bagi tingkat Satu Level Dibawah Direktur dalam rangka Asesmen Kompetensi. Profil kompetensi individu ini didapatkan dari hasil penilaian melalui metode assessment center. Metode ini memberikan kesempatan pada masing-masing individu untuk menangani permasalahan manajerial yang biasa dihadapi oleh seorang Satu Level Dibawah Direktur. Dengan demikian, respon individu terhadap persoalan-persoalan di dalam assessment center dapat menjadi salah satu sumber informasi untuk menilai tingkat kesiapan individu untuk menjalankan peran sebagai  Satu Level Dibawah Direktur. 

Melalui penilaian assessment center dapat dipahami kriteria penilaian, perangkat yang digunakan, acuan penilaian, serta kriteria penetapan rekomendasi. Pada bagian  executive summary yang merupakan  Kesimpulan Umum mengenai unjuk kerja program assessment center serta rekomendasi tim konsultan terkait dengan tujuan Asesmen Kompetensi ini. Melalui assessment center akan didapatkan  informasi lebih spesifik mengenai unjuk kerja individu pada setiap kompetensi secara deskriptif. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk melihat kekuatan maupun catatan pengembangan yang perlu dipertimbangkan untuk mengambil keputusan Asesmen Kompetensi.Hasil asesmen ini hanya merupakan salah satu sumber informasi mengenai potensi individu dan tidak merepresentasikan kinerja yang bersangkutan secara menyeluruh. Informasi dari assessment centerpun dapat digunakan secara proporsional untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan para calon pemimpin.

References

Flippo, Edwin B, 1994, Manajemen Personalia, Jilid 1.Jakarta : Erlangga
Garry Desler, 1986, Manajemen Personalisasi Teknik dan Konsep Modern, Jakarta, Erlangga.
Garry Dessler, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta
Human Capital Journal No.24 Tahun II, 15 Juni-15Juli 2013
Khawarita Siregar, Assessment Center, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sumatra Utara
Middlemist, R. D. Michael [and] Greer, charles R., 1983. Personal Management : Jobs, People and Logic, Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Prihadi, Syaiful F, 2004, Assessment Center : Identifikasi, Pengukurandan Pengembangan Kompetensi, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ranupandojo, H dan Husnan, S, 1990. Manajemen Personalia. Ed. Kempat, Yogyakarta : BPFE.
Sawardekar, Nitin, 2002. Assessment Centers: Identifying Potential and Developing Competency, New Delhi, Respose Books.
Smith, Greggs and Andrews (1989), Human Capital Journal No.24 Tahun II, 15 Juni - 15Juli 2013
Published
2018-09-25
How to Cite
Adiawaty, S. (2018). PENILAIAN KOMPETENSI LEVEL DIREKTUR PADA ASSESSMENT CENTER. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(2), 142-147. https://doi.org/10.55886/esensi.v20i2.43