REPRESENTASI OPTIMISME DALAM IKLAN MCDONALD’S VERSI “SELALU ADA CARA UNTUK WUJUDKAN HARAPAN”

  • Wahyu Wary Pintoko
Keywords: Representasi, Optimisme, Iklan, Semiotika, Makna, Judul, Artikel, Call For Paper, Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Keadaan masyarakat Bangsa Indonesia yang sedang terpuruk akibat adanya pandemi Covid 19, membutuhkan suatu motivasi agar kembali bersemangat dalam menghadapi realitas kehidupan. Sebelum Corona Virus mulai mewabah, McDonald’s Indonesia sebagai salah satu restoran cepat saji sering membagikan pesan penuh motivasi kepada target konsumennya. Salah satu usahanya adalah dengan menyampaikan pesan tersebut melalui iklan “Selalu Ada Cara Untuk Wujudkan Harapan”. Dalam iklan ini McDonald’s Indonesia terdapat tanda baik itu melalui ikon, indeks dan simbol yang mengarah kepada representasi Optimisme. . Berdasarkan analisis semiotika ditemukan bahwa McDonald’s berusaha merepresentasikan ideologi optimisme dalam komunikasi pemasaran produk Prosperity Burgernya. Hal ini terlihat dalam penggunaan tanda serta lambang yang merupakan faktor positif seseorang dalam meraih harapan dan kesuksesan. Tanda dan lambang dalam iklan ini mengarah kepada tiga aspek optimisme yaitu Permanence, Pervasiveness, serta Personalization.

References

Basrowi, S.. 2008 Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta boomchrisley.com. 2021. “Arti Warna Dasi dan Keserasiannya”,

https://www.boomchrisley.com/2017/05/arti-warna-dasi-dan-

keserasiannya.html, Diakses pada 17 Oktober 2021

Budiman, K.. 2011. Semiotika Visual. konsep, isu, dan problem ikonisitas .

Yogyakarta:Jalasutra

Danesi, Marcel. 2012. Pesan, Tanda, dan Makna, Yogyakarta: Jalasutra. detik.com. 2021.

Lho,

, Diakses pada 17

Oktober 2021

Djaslim, S. H. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. AgungIlmu

Effendy, O.U.. 2017.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT.

emoticon.id. 2021. “Bertepuk Tangan”, https://emoticon.id/emoji/%F0%9F%91%8F-

bertepuk-tangan/, Diakses pada 17 Oktober 2021

Fiske, J. 2000. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Ghufron, M.N & Risnawita, S. R. 2010. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruz Media

Group

Herdiansyah, H. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Salemba Humanika

kbbi.web.id. 2021. “Makna Harapan”, https://kbbi.web.id/harapan, Diakses pada 17

Oktober 2021

kbbi.web.id. 2021. “Makna Mantab”, https://kbbi.web.id/mantab, Diakses pada 17 Oktober 2021

kbbi.web.id. 2021. “Makna Selamat”, https://kbbi.web.id/selamat, Diakses pada 17 Oktober 2021

kbbi.web.id. 2021. “Makna Wujud”, https://kbbi.web.id/wujud, Diakses pada 17 Oktober 2021

kbbi.web.id. 2021. “Makna Bangga”, https://kbbi.web.id/bangga, Diakses pada 17 Oktober 2021

kbbi.web.id. 2021. “Makna Hebat”, https://kbbi.web.id/hebat, Diakses pada 17 Oktober 2021

kompas.com. 2021. "Mengapa Kita Menangis Saat Bahagia?", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/04/205637520/mengapa-kita- menangis-saat-bahagia, Diakses pada 17 Oktober 2021

kompas.com. 2021. "Psikologi dan Arti Warna", https://nasional.kompas.com/read/2008/10/09/15551015/psikologi.dan.arti.war na?page=all, Diakses pada 17 Oktober 2021

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing Management. New Jersey: PearsonPretice Hall Kotler, P. & Armstrong, G. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga mcdonalds.co.id. 2021. “McDonald’s Hadirkan Menu Prosperity Burger”,

https://mcdonalds.co.id/newsroom/press-release/mcdonalds-hadirkan-kembali-

menu-prosperity-burger , Diakses pada 17 Oktober 2021

mcdonalds.co.id. 2021. “Tentang Kami” https://mcdonalds.co.id/about. Diakses pada 9

Agustus 2021

McQuail, D. 2003. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. (2nd ed.).Jakarta:

Eirlangga

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Offset

Mulyana, D. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Munandar, D. 2016. Relationship Marketing Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing.

Yogyakarta: Ekuilibra

Rakhmat, J. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Romli, K. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo

Rusmana, D. 2014. Filsafat Semiotika. Bandung: CV Pusaka Setia.

Sandu, S. & Ali, M.S. 2015.Dasar Metode Penelitian, Literasi Media. Yogyakarta:

Publishing

Scheier, M.F., Carver, C.S., & Bridges, M.W. 1994. Distinguishing Optimism from

Neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and self-esteem): A reevaluation of The Life Orientation Test. Journal of personality and social psychology, 67, 1063- 1078.

sociolla.com. 2021. “Tak Semuanya Berarti Kebahagiaan, Berikut Jenis Senyuman dan Maknanya”, https://journal.sociolla.com/lifestyle/jenis-senyuman/, Diakses pada 17 Oktober 2021

Stanton, W. J. 2011. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1.Jakarta: Erlangga, Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjiptono, F.. 2015.Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Vera, N. 2020. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor:Ghalia Indonesia.

Wibowo, G. 2019. Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak Journal of

Communication Vol 3, 47-59

Wibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta: MitraWacana Media.

Wini, N., et.all. 2020. Optimisme Ditinjau Dari Penerimaan Diri Pada Remaja Di Panti

Asuhan. Journal Proyeksi Vol 15, 12-21

womantalk.com, “15 Jenis Arti Sentuhan Si Dia”,

https://womantalk.com/love/articles/15-jenis-arti-sentuhan-si-dia-Ade3p, Diakses pada 17 Oktober 2021

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Published
2022-08-22
How to Cite
Pintoko, W. (2022). REPRESENTASI OPTIMISME DALAM IKLAN MCDONALD’S VERSI “SELALU ADA CARA UNTUK WUJUDKAN HARAPAN”. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 146 - 159. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i2.478