REPRESENTASI OPTIMISME DALAM IKLAN MCDONALD’S VERSI “SELALU ADA CARA UNTUK WUJUDKAN HARAPAN”
Abstract
Keadaan masyarakat Bangsa Indonesia yang sedang terpuruk akibat adanya pandemi Covid 19, membutuhkan suatu motivasi agar kembali bersemangat dalam menghadapi realitas kehidupan. Sebelum Corona Virus mulai mewabah, McDonald’s Indonesia sebagai salah satu restoran cepat saji sering membagikan pesan penuh motivasi kepada target konsumennya. Salah satu usahanya adalah dengan menyampaikan pesan tersebut melalui iklan “Selalu Ada Cara Untuk Wujudkan Harapan”. Dalam iklan ini McDonald’s Indonesia terdapat tanda baik itu melalui ikon, indeks dan simbol yang mengarah kepada representasi Optimisme. . Berdasarkan analisis semiotika ditemukan bahwa McDonald’s berusaha merepresentasikan ideologi optimisme dalam komunikasi pemasaran produk Prosperity Burgernya. Hal ini terlihat dalam penggunaan tanda serta lambang yang merupakan faktor positif seseorang dalam meraih harapan dan kesuksesan. Tanda dan lambang dalam iklan ini mengarah kepada tiga aspek optimisme yaitu Permanence, Pervasiveness, serta Personalization.
References
Basrowi, S.. 2008 Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta boomchrisley.com. 2021. “Arti Warna Dasi dan Keserasiannya”,
https://www.boomchrisley.com/2017/05/arti-warna-dasi-dan-
keserasiannya.html, Diakses pada 17 Oktober 2021
Budiman, K.. 2011. Semiotika Visual. konsep, isu, dan problem ikonisitas .
Yogyakarta:Jalasutra
Danesi, Marcel. 2012. Pesan, Tanda, dan Makna, Yogyakarta: Jalasutra. detik.com. 2021.
Lho,
, Diakses pada 17
Oktober 2021
Djaslim, S. H. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. AgungIlmu
Effendy, O.U.. 2017.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT.
emoticon.id. 2021. “Bertepuk Tangan”, https://emoticon.id/emoji/%F0%9F%91%8F-
bertepuk-tangan/, Diakses pada 17 Oktober 2021
Fiske, J. 2000. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Ghufron, M.N & Risnawita, S. R. 2010. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Arruz Media
Group
Herdiansyah, H. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:
Salemba Humanika
kbbi.web.id. 2021. “Makna Harapan”, https://kbbi.web.id/harapan, Diakses pada 17
Oktober 2021
kbbi.web.id. 2021. “Makna Mantab”, https://kbbi.web.id/mantab, Diakses pada 17 Oktober 2021
kbbi.web.id. 2021. “Makna Selamat”, https://kbbi.web.id/selamat, Diakses pada 17 Oktober 2021
kbbi.web.id. 2021. “Makna Wujud”, https://kbbi.web.id/wujud, Diakses pada 17 Oktober 2021
kbbi.web.id. 2021. “Makna Bangga”, https://kbbi.web.id/bangga, Diakses pada 17 Oktober 2021
kbbi.web.id. 2021. “Makna Hebat”, https://kbbi.web.id/hebat, Diakses pada 17 Oktober 2021
kompas.com. 2021. "Mengapa Kita Menangis Saat Bahagia?", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/04/205637520/mengapa-kita- menangis-saat-bahagia, Diakses pada 17 Oktober 2021
kompas.com. 2021. "Psikologi dan Arti Warna", https://nasional.kompas.com/read/2008/10/09/15551015/psikologi.dan.arti.war na?page=all, Diakses pada 17 Oktober 2021
Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing Management. New Jersey: PearsonPretice Hall Kotler, P. & Armstrong, G. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga mcdonalds.co.id. 2021. “McDonald’s Hadirkan Menu Prosperity Burger”,
https://mcdonalds.co.id/newsroom/press-release/mcdonalds-hadirkan-kembali-
menu-prosperity-burger , Diakses pada 17 Oktober 2021
mcdonalds.co.id. 2021. “Tentang Kami” https://mcdonalds.co.id/about. Diakses pada 9
Agustus 2021
McQuail, D. 2003. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. (2nd ed.).Jakarta:
Eirlangga
Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset
Mulyana, D. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Munandar, D. 2016. Relationship Marketing Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing.
Yogyakarta: Ekuilibra
Rakhmat, J. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Romli, K. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo
Rusmana, D. 2014. Filsafat Semiotika. Bandung: CV Pusaka Setia.
Sandu, S. & Ali, M.S. 2015.Dasar Metode Penelitian, Literasi Media. Yogyakarta:
Publishing
Scheier, M.F., Carver, C.S., & Bridges, M.W. 1994. Distinguishing Optimism from
Neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and self-esteem): A reevaluation of The Life Orientation Test. Journal of personality and social psychology, 67, 1063- 1078.
sociolla.com. 2021. “Tak Semuanya Berarti Kebahagiaan, Berikut Jenis Senyuman dan Maknanya”, https://journal.sociolla.com/lifestyle/jenis-senyuman/, Diakses pada 17 Oktober 2021
Stanton, W. J. 2011. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1.Jakarta: Erlangga, Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjiptono, F.. 2015.Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.
Vera, N. 2020. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor:Ghalia Indonesia.
Wibowo, G. 2019. Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak Journal of
Communication Vol 3, 47-59
Wibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta: MitraWacana Media.
Wini, N., et.all. 2020. Optimisme Ditinjau Dari Penerimaan Diri Pada Remaja Di Panti
Asuhan. Journal Proyeksi Vol 15, 12-21
womantalk.com, “15 Jenis Arti Sentuhan Si Dia”,
https://womantalk.com/love/articles/15-jenis-arti-sentuhan-si-dia-Ade3p, Diakses pada 17 Oktober 2021
Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.
Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.