KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK PHILIP MORRIS BOLD

  • Arta Elisabeth Purba
Keywords: Brand awareness, Komunikasi pemasaran, Rokok Philip Morris Bold

Abstract

Merek rokok “Philip Morris Bold” (PMB) merupakan brand rokok baru masuk ke pasar Indonesia sejak awal Maret 2019 dan merek ini belum sepenuhnya menjadi top of mind di benak pelanggan. Berdasarkan fenomena ini PT. HM Sampoerna Tbk. Surabaya Indonesia perlu mengatur strategi komunikasi pemasaran untuk memperkenalkan merek rokok PMB kepada konsumen dan dalam penelitian ini, strategi pemasaran tersebut akan dijabarkan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan strategi pemasaran melalui perencanaan dan penyampaian pesan komunikasi yang efektif demi menjangkau konsumen.

References

Bajari, A.. 2015. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Durianto, D., Sugiarto, dan Budiman, L.J. 2010. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Effendy, O.U. 2017.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. emoticon.id. 2021. “Bertepuk Tangan”, https://emoticon.id/emoji/%F0%9F%91% 8F - bertepuk-tangan/, Diakses pada 17 Oktober 2021
Febriani, M. 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Pada Media Sosial Twitter @Pekanbaruco. JOM FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1 No. 2, 1–14.
GegeDbako. 2019. Rokok Philip Morris 2019. Indonesia: Youtube. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=IM4uSMXr2tM&t=589s
Gilabalap.com. 2019. Dituding Iklan Rokok Marlboro, Ferrari Copot Logo Mission Winnow di GP Australia. Retrieved May 8, 2019, from http://gilabalap.com/balap- mobil/dituding-iklan-rokok-marlboro-ferrari-copot-logo-mission-winnow-di-gp- australia
Groom, S. A., & Frei, F. 2008. Integrated Marketing Communication Michael Traber Bibliography, 27(4).
Gunawan, I. .2017. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara Hasan, A. H. 2017. Skandal Philip Morris: Merokoklah Maka Kau Akan Keren". Retrieved May 8, 2019, from https://tirto.id/skandal-philip-morris-merokoklah-maka-kau-
akan-keren-cwGt
Herdiansyah, H. . 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:
Salemba Humanika
Jatmiko, R. L. S. 2015. Pengaruh Brand Positioning dan Brand Equity Terhadap
Keputusan Pembelian sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ekonomi, 6 Nomor
2(November), 18–32.
Kompas. 2019, May 10. Menanti Keragaman Mesin Baru Ferrari. Surat Kabar Kompas,
p. 23.
Kurniawan, A. 2019. Meski Logo Dihapus Phillip Morris Tetap Jadi Sponsor Utama ferrari.
Retrieved May 8, 2019, from https://www.bolasport.com/read/311664184/meski-
logo-dihapus-philip-morris-tetap-jadi-sponsor-utama-ferrari
Moleong, L.J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset
Mulyana, D. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja
Percy, L., Rositter, J.R. 2007. Advertising and Promotion Management. New York:
McGrawHill.
Percy, L. 2008. Strategic Integrated Marketing Communication (First). USA:
Butterworth-Heinemann-Elsevier.
PMI, P . 2019. Philip Morris Indonesia. Retrieved May 8, 2019, f rom
https://www.pmi.com/markets/indonesia/en
Putra, I. R. 2015. Sampoerna Lepas Saham Rp. 77.000 per lembar, terbesar se-Asean. Retrieved May 8, 2019, from https://www.merdeka.com/uang/sampoerna-lepas- saham-rp-77000-per-lembar-terbesar-se-asean.html
Rakhmat, J.. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Rafael, E. C. 2019. Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Marlboro dan L&M ke Jepang. Retrieved May 8, 2019, from https://industri.kontan.co.id/news/philip-
morris-indonesia-perdana-rokok-marlboro-dan-lm-ke-jepang
Santana, K., Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:
Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Shimp, T.A. 2010, Advertising, Promotion, & other aspects of Integrated Marketing
Communication, 8th Edition. South-Western: Cengage learning.
Tempo.co. 2017. Philip Morris Prediksi Pendapatan Tumbuh 6 Persen. Retrieved May 8, 2019, from https://bisnis.tempo.co/read/844214/2017-philip-morris-prediksi-
pendapatan-tumbuh-6-persen
Testi, G. 2019. Philip Morris Unfazed by Ferrari Sponsorship Investigation. Retrieved
May 8, 2019, from https://www.motorsport.com/f1/news/ferrari-mission-winnow-
investigation-australia/4335004/
Tribunnesw.com. 2019. Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana ke Duty Free Jepang.
Retrieved May 8, 2019, f rom http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/03/22/philip-morris-indonesia-ekspor- perdana-ke-duty-free-jepang
Wijaya, I. 2019. Ducati Ganti Nama Di Moto Gp artinya Ingin Menang Sekarang. Retrieved May 8, 2019, f rom https://otomotifnet.gridoto.com/read/231608989/ducati-ganti-nama-tim-di- motogp-2019-artinya-ingin-menang-sekarang#!%2F
Published
2022-08-22
How to Cite
Purba, A. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK PHILIP MORRIS BOLD. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 134 - 140. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i2.479