KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK PHILIP MORRIS BOLD

  • Arta Elisabeth Purba
Keywords: Brand awareness, Komunikasi pemasaran, Rokok Philip Morris Bold

Abstract

Merek rokok “Philip Morris Bold” (PMB) merupakan brand rokok baru masuk ke pasar Indonesia sejak awal Maret 2019 dan merek ini belum sepenuhnya menjadi top of mind di benak pelanggan. Berdasarkan fenomena ini PT. HM Sampoerna Tbk. Surabaya Indonesia perlu mengatur strategi komunikasi pemasaran untuk memperkenalkan merek rokok PMB kepada konsumen dan dalam penelitian ini, strategi pemasaran tersebut akan dijabarkan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan strategi pemasaran melalui perencanaan dan penyampaian pesan komunikasi yang efektif demi menjangkau konsumen.

References

Bajari, A.. 2015. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Durianto, D., Sugiarto, dan Budiman, L.J. 2010. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Effendy, O.U. 2017.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. emoticon.id. 2021. “Bertepuk Tangan”, https://emoticon.id/emoji/%F0%9F%91% 8F - bertepuk-tangan/, Diakses pada 17 Oktober 2021

Febriani, M. 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Pada Media Sosial Twitter @Pekanbaruco. JOM FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1 No. 2, 1–14.

GegeDbako. 2019. Rokok Philip Morris 2019. Indonesia: Youtube. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=IM4uSMXr2tM&t=589s

Gilabalap.com. 2019. Dituding Iklan Rokok Marlboro, Ferrari Copot Logo Mission Winnow di GP Australia. Retrieved May 8, 2019, from http://gilabalap.com/balap- mobil/dituding-iklan-rokok-marlboro-ferrari-copot-logo-mission-winnow-di-gp- australia

Groom, S. A., & Frei, F. 2008. Integrated Marketing Communication Michael Traber Bibliography, 27(4).

Gunawan, I. .2017. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara Hasan, A. H. 2017. Skandal Philip Morris: Merokoklah Maka Kau Akan Keren". Retrieved May 8, 2019, from https://tirto.id/skandal-philip-morris-merokoklah-maka-kau-

akan-keren-cwGt

Herdiansyah, H. . 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Salemba Humanika

Jatmiko, R. L. S. 2015. Pengaruh Brand Positioning dan Brand Equity Terhadap

Keputusan Pembelian sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ekonomi, 6 Nomor

(November), 18–32.

Kompas. 2019, May 10. Menanti Keragaman Mesin Baru Ferrari. Surat Kabar Kompas,

p. 23.

Kurniawan, A. 2019. Meski Logo Dihapus Phillip Morris Tetap Jadi Sponsor Utama ferrari.

Retrieved May 8, 2019, from https://www.bolasport.com/read/311664184/meski-

logo-dihapus-philip-morris-tetap-jadi-sponsor-utama-ferrari

Moleong, L.J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Offset

Mulyana, D. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja

Percy, L., Rositter, J.R. 2007. Advertising and Promotion Management. New York:

McGrawHill.

Percy, L. 2008. Strategic Integrated Marketing Communication (First). USA:

Butterworth-Heinemann-Elsevier.

PMI, P . 2019. Philip Morris Indonesia. Retrieved May 8, 2019, f rom

https://www.pmi.com/markets/indonesia/en

Putra, I. R. 2015. Sampoerna Lepas Saham Rp. 77.000 per lembar, terbesar se-Asean. Retrieved May 8, 2019, from https://www.merdeka.com/uang/sampoerna-lepas- saham-rp-77000-per-lembar-terbesar-se-asean.html

Rakhmat, J.. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Rafael, E. C. 2019. Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Marlboro dan L&M ke Jepang. Retrieved May 8, 2019, from https://industri.kontan.co.id/news/philip-

morris-indonesia-perdana-rokok-marlboro-dan-lm-ke-jepang

Santana, K., Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:

Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Shimp, T.A. 2010, Advertising, Promotion, & other aspects of Integrated Marketing

Communication, 8th Edition. South-Western: Cengage learning.

Tempo.co. 2017. Philip Morris Prediksi Pendapatan Tumbuh 6 Persen. Retrieved May 8, 2019, from https://bisnis.tempo.co/read/844214/2017-philip-morris-prediksi-

pendapatan-tumbuh-6-persen

Testi, G. 2019. Philip Morris Unfazed by Ferrari Sponsorship Investigation. Retrieved

May 8, 2019, from https://www.motorsport.com/f1/news/ferrari-mission-winnow-

investigation-australia/4335004/

Tribunnesw.com. 2019. Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana ke Duty Free Jepang.

Retrieved May 8, 2019, f rom http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/03/22/philip-morris-indonesia-ekspor- perdana-ke-duty-free-jepang

Wijaya, I. 2019. Ducati Ganti Nama Di Moto Gp artinya Ingin Menang Sekarang. Retrieved May 8, 2019, f rom https://otomotifnet.gridoto.com/read/231608989/ducati-ganti-nama-tim-di- motogp-2019-artinya-ingin-menang-sekarang#!%2F

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2022-08-22
How to Cite
Purba, A. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN MEREK PHILIP MORRIS BOLD. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 160 - 166. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i2.479