PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN JOE’S GRILL SWISS BELL-HOTEL MANGGA BESAR

  • Ria Siti Aisyah
  • Meylani Tuti
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran Joe’s Grill Swiss Bell Hotel Mangga Besar yang telah melakukan pembelian lebih dari dua kali. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan menentukan 204 responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada data sebelum disebarkan. Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan dengan nilai t sebesar 3,85, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan dengan nilai t sebesar 6,12 dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan dengan nilai t sebesar 3,44.

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2015). Marketing An Intruduction (twelfth). Pearson Education Limited.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Universitas Diponegoro.

Guzel, O., & Bas. (2020). Understanding the Relationship Between Physica l Environment, Price Perception, Customer Satisfaction and Loyalty in Restaurants. Journal Of Tourism And Gastronomy Studies, Vol.8(2), 762–776.

Hanaysha, J. (2016). TESTING THE EFFECTS OF FOOD QUALITY, PRICE FAIRNESS, AND PHYSICAL ENVIRONMENT ON CUSTOMER SATISFACTION IN FAST FOOD RESTAURANT INDUSTRY. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Juran, J. M. dan J. A. D. F. (2010). Juran’s Quality Handbook (sixth). McGraw-Hill

Companies Inc.

Kotler, P. (1997). onsep Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi,

& W. Hardani (eds.); 12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In Pearson Education Limited

(17th ed.). pearson education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E).

https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kristianti, T., & Rivai, A. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan

Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Upnormal

Semarang. Jurnal EMBA, Vol. 15(2), 128–136.

Latoki, L., Chalil, H., & Ponirin. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN

TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PT.

ASURANSI JASINDO (PERSERO) CABANG PALU. Jurnal Katalogis, 6(4), 103–114. Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta, Salemba

Empat.

Manus, F. W., & Lumanauw, B. (2015). KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS

LAYANAN, PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TRI DI KELURAHAN WAWALINTOUAN TONDANO BARAT. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 695–705.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6(3), 1658–1667.

Mardo, S. A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. deepublish.

Mariansyah, A., & Syarif , A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan

Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen,

(2), 134–146.

Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta, Penerbit ANDI. Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS

LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI

RESTORAN KAWAN BARU. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 678–689. Nugroho, A. Y. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan

Members Game Center Skyland Kota Semarang). Magnadi, Rizal Hari, 7(4), 7. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing,

(1), 12–40.

Putra, S. D., Sumowo, S., & Anwar. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS

PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 99–117.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia.

Rangkuti, F. (2013). Costumer Service Satisfaction & Call Center. Gramedia Pustaka Utama.

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2(3), 1803–1813.

Sari, T. C., & Tuti, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Warung Cita Rasa Cak Wanto. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara, XII(2).

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (7th ed.). Indeks.

Shinta, A. (2011). MANAJEMEN PEMASARAN. Malang, Universitas Brawijaya Press (UB

Press).

Sudaryono. (2014). PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN. Jakarta,

Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. (2013). Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Tjiptono, F. (2017). Service Management (3rd ed.). Andi.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4 (ed.)). Andi. Vaclavic, V. A., & Christian, E. W. (2008). ESSENTIALS OF FOOD SCIENCE (Third Edit).

Springer.

Wijayanto, S. H. (2007). Struktural Equation Model. GRAHA ILMU.

Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, J. M., & Gremeler, D. D. (2016). Services Marketing

Integrating Customer Focus Across the Firm (3rd ed.). McGraw-Hill Education. Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press group. Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga,

Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang

Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 3(1), 61–80.

Zeini, A., Retnowati, N., & Haryono. (2008). PENGARUH HARGA, PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. MAGHFIROH

PALENGAN PAMEKASAN. Jurnal Manajemen, 3(2), 27–37.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Service Marketing Integrating

Customer Focus Across the Firm (Seventh Ed). McGraw-Hill Education.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2022-08-22
How to Cite
Aisyah, R., & Tuti, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN JOE’S GRILL SWISS BELL-HOTEL MANGGA BESAR. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 177 - 188. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i2.481