PENGARUH BLOCKHOLDER OWNERSHIP, PERTUMBUHAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG

  • Tita Nurvita Institut Bisnis Nusantara
  • Jeane Natalia Alumni Institut Bisnis Nusantara
Keywords: BLOCKHOLDER OWNERSHIP, PERTUMBUHAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, UKURAN PERUSAHAAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel-variabel blockholder ownership, pertumbuhan, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan utang pada perusahaan properti, real estate, dan building constraction yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang berada dalam kelompok perusahaan properti, real estate, dan building construction yang keseluruhannya berjumlah 47 perusahaan. Periode penelitian ini adalah pada rentang tahun 2009 hingga 2014. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive judgement sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) blockholder ownership berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan utang, 2) pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan utang, 3) kebijakan dividen tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan utang, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan utang

 

References

Devianti, Ariesta. (2013). Analisis Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan dividen, dan Earnings Volatility Terhadap Kebijakan Utang. Skripsi. Universitas Atmajaya, Jakarta.
Fosberg, Richard H. (2004). Agency Problems and Debt Financing: Leadership Structure Effect. The International Journal of Business in Society. Vol. 4 Issue: 1, pp. 31-38.

Husnan, Suad. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan: Keputusan Jangka Panjang (Ed. 4). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Karinaputri, Nanda. (2013). Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividn, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2008-2010). Skrpsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Lestari, Desi. (2014). Pengaruh Blockholder Ownership, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, dan Non Debt Tax Shield Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan yang Masuk Jakarta Index. Jurnal EKSIBIS, Vol. IX: No. 1, hal 43-58.
Putri, Tiara Desyani Hapsari. (2014). Analisis Profitabilitas, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Blockholder Ownership Terhadap Kebijakan Utang: Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2012. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Jilid kelima belas. CV Alfabeta, Bandung.
Published
2018-09-26
How to Cite
Nurvita, T., & Natalia, J. (2018). PENGARUH BLOCKHOLDER OWNERSHIP, PERTUMBUHAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 20(1), 61-70. https://doi.org/10.55886/esensi.v20i1.50