TERPAAN IKLAN AQUA TERHADAP BRAND PERSONALITY

  • Wahyu Wary Pintoko
Keywords: terpaan iklan, brand personality, air mineral

Abstract

Dampak efektif dari terpaan iklan yang berulang kali yaitu memperoleh perhatian dan pengalaman dari individu penerima yang terkena terpaan pesan iklan tersebut. Selain memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumennya, Aqua juga selalu memperkenalkan dan menanamkan image bagi konsumen terhadap merek dengan menggunakan berbagai periklanan termasuk di dalamnya media social instagram. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan yang dilakukan Aqua terhadap brand personality. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel diambil dari karyawan PT Kairos Multi Sejahtera sejumlah 140 orang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat antara terpaan iklan terhadap brand personality

References

Banerjee, S. 2016. Influence of consumer personality, brand personality, and corporate personality on brand preference. Asia Pacific Journal of Marketing. 28 (2), 198-216, 2015

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Elex Komputindo.

Febrida, Rachel. 2020. Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi Terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Jakarta:Universitas Tarumanegara

Kotler, Philip. & Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management 15th Edition, England: Pearson Education

Machfoedz, Mahmud. . Pemasaran Modern. Yogyakarta:Cakra Ilmu,

Minat Membeli Pada Mahasiswa, Vol 1 No 1, Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945

Mulyana, Dedy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munawaroh, Putri. 2018. Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP Vol. 5 No. 1

Nisrina, M. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: PT Kobis,

Norhabiba, Fitri. 2020. Pengaruh Terpaan Iklan Marketplace, Akses Aplikasi, dan

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta : PT.

Rachmatianti, Dinda Niken. 2014. Pengaruh Brand Personality Terhadap Minat Beli (Pada Merek Kosmetik Maybelline New York), Jakarta: Universitas Indonesia

Rachmawan, Yusuf Ade. 2017. Analisis Pengaruh Brand Personality Terhadap Event Involvement Dan Loyalty Pada Pagelaran Jakarta Fashion Week, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang:Bayu Media

Utari, Prahastiwi. 2011. Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi, Yogyakarta: Aspikom,

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-04-23
How to Cite
Pintoko, W. (2021). TERPAAN IKLAN AQUA TERHADAP BRAND PERSONALITY. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(1), 164-173. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i1.579