PAKET REMUNERASI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PENJUALAN DI PT. X

  • Rini Adriati
Keywords: Kepuasan Kerja, Remunerasi, Maslow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak paket remunerasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja karyawan. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Data diambil dari, karena kerahasiaan, sebuah perusahaan bernama PT. X. Beberapa teori yang digunakan dalam analisis, yaitu: Teori Kompensasi oleh Milcovitch & Newman, Kepuasan Kerja oleh Robbins, Motivasi Kerja oleh Dessler, Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow, Teori Dua Faktor oleh Herzberg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bagian paket kompensasi yang perlu diperbaiki. Penulis menuliskan beberapa usulan untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

References

Milkovich, G.T., Newman, J.M. (2008). Compensation. New York: McGraw-Hill.

Noe, R.A., Hollenbeck, J.R., Gerhart, B, Patrick, M.W. (2008). Human Resources Management:

Gaining a Competitive Advantage. New York: McGraw-Hill.

Robbins, S.P. (2005). Employee Benefits: A Primer for Human Resources Professionals.

International Edition. New York: McGraw-Hill.

Herzberg, F. (1993). The Motivation to Work. New York: Routledge.

Vroom, Victor H., (1994). Work and Motivation. New Jersey: Jassey Bass.

Creswell, John. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches.

California: SAGE Publication.

Munandar, A.S. (2006). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

(UI-Press)

Armstrong, M. & Murlis, H. (1998). Reward Management: A Handbook of Remuneration Strategy

and Practice. London: Kogan Page Limited.

Steers, R.M., Porter, L.W. & Bigley, G.A. (1996). Motivation and Leadership at Work. International

Edition. Singapore: McGraw-Hill.

Dessler, G. (1988). Personnel Management. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Gomez-Mejia, L.R., Balkin, D.B., Cardy, R.L. (1995. Managing Human Resources. New Jersey:

Prentice-Hall Inc.

Satori, D & Komarian, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Timpe, A.D. (1986). The Art and Science of Business Management. Motivation of Personnel.

New York: Kend Publishing.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta:

PT. Buku Seru.

Adriati, R. 2009. Usulan Rancangan Paket Kompensasi Untuk Jabatan Salesman di PT. X. (Tugas

Akhir, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia: Depok).

https://www.lemhannas.go.id/index.php/publikasi/press-release/1629-dunia-akui-kekuatan-ekonomi-indonesia-di-tengah-krisis-global-2

Published
2023-08-30
How to Cite
Adriati, R. (2023). PAKET REMUNERASI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PENJUALAN DI PT. X. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(2), 1-9. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i2.690