RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN ABSENSI KARYAWAN PADA PT. GEMA ISTANA ARTHA BERBASIS WEBSITE

  • Ratih Wahyuningrum
  • Nia Janiati
  • Amilia Trianasari
  • Muhammad Reza
Keywords: Absensi, Website, Database

Abstract

Di era teknologi yang berkembang pesat saat ini kita semakin dimudahkan untuk menggunakan apapun dikarenakan adanya program-program atau aplikasi yang berfungsi membantu dalam pertukaran data dan mempermudah pekerjaan. Saat ini PT. Gema Istana Artha masih menggunakan absensi manual yaitu buku absensi untuk membuat daftar kehadiran para karyawan yang datang ke kantor. Pada masa pandemi karyawan tidak dapat datang ke kantor untuk bekerja, semua pekerjaan dikerjakan dari rumah sehingga karyawan tidak dapat melakukan absensi. Tujuan penelitian ini yaitu merancang bangun sistem berbasis website yang dibutuhkan perusahaan agar dapat melakukan absensi online yang dapat diakses dimanapun walau karyawan bekerja dari rumah atau pada saat karyawan sedang di gudang pelabuhan menunggu barang yang dipesan.  Metode penelitian yang digunakan adalah field research. Metode yang relevan untuk pengembangan sistem ini menggunakan waterfall. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem manajemen absensi karyawan berbasis website yang dapat mempermudah melakukan pendataan kehadiran karyawan dan menilai kinerjanya sehingga dapat tercipta efektifitas kinerja yang lebih baik.

References

A. Herliana and P. M. Rasyid, "SISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB," Jurnal Informatika, Vol.III No.1 April 2016 , 2016.

Y. Fadillah and Suprianto, "SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK KRUPUK BERBASIS WEB RESPONSIVE (STUDI KASUS : UD. SUMBER MAKMUR)," Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer Volume 8, Nomor 1 (2017), ISSN 2089-0265, 2017.

N. Marikena, Sumarlin and R. P. Aritonag, "PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE PADA HOME INDUSTRI HERBAL SEGAR," Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu Vol. 5 No. 1 April 2019, 2019.

A. Husain, A. H. A. Prastian and A. Ramadhan, "Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi," Technomedia Journal (TMJ), vol. 2, 2017.

R. P. Fhonna and M. AR, "Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Biro Kominfo Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara Berbasis Web," JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi], vol. 3, 2021.

S. Wijaya, "PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PENGGUNA APLIKASI SISTEM ABSENSI ONLINE DI STMIK STIKOM BALI," Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informas, vol. 4, 2018.

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias and D. Risdiansyah, "Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi," JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. VI, NO. 2 DESEMBER 2018, p. 9, 2018.

Y. Trimarsiah and M. Arafat, "ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA LEMBAGA BAHASA KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPUTER AKMI BATURAJA," Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.19 No.1, April 2017, p. 10, 2017.

P. S. Hasugian, "PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 2018.

A. H. Irianto, N. A. Marhabang and R. A. Wahab, "RANCANG BANGUN APLIKASI ABSENSI MAHASISWA UNIVERITAS NEGERI MAKASSAR BERBASIS ANDROID," 2020.

Triyono, R. Safitri and T. Gunawan, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI GURU DAN STAFF PADA SMK PANCAKARYA TANGERANG BERBASIS WEB," pp. 287-295, 2018.

E. N. Jannah and A. Z. Arifin, "Sistem Informasi Absensi Haul Berbasis Web di Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya," Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, Januari 2015, Volume 1, Nomor 1, vol. 1, pp. 47-59, 2015.

E. B. Setiawan and B. Kuniawan, "Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId)," Jurnal CoreIT, vol. 1, pp. 44-49, 2015.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-08-20
How to Cite
Wahyuningrum, R., Janiati, N., Trianasari, A., & Reza, M. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN ABSENSI KARYAWAN PADA PT. GEMA ISTANA ARTHA BERBASIS WEBSITE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(2), 27-29. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i2.698