PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND EQUITY DAN SUASANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Sunaryo Sunaryo
  • Meylani Tuti
Keywords: Kualitas Produk, Brand Equity, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand equity dan suasana terhadap keputusan pembelian pada Pand’Or Cakes di Wijaya 1. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau yang sudah melakukan pembelian lebih dari 2 kali dan teknik sampling yang dipakai adalah accidental sampling yang mendapatkan jumlah sample sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Structural Equation Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputuasan pembelian, brand equity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun suasana tidak berpengaruh positif pada keputusan pembelian.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity.

Ahsan, S. M. H., Azam, M. K. G., Raihan, M. Z., Imam, I. Bin, & Islam, M. N. (2020). Impact of Brand Equity on Consumers Purchase Decision of Smart Phone -A Study on University Students in Chittagong, Bangladesh. Global Journal of Management and Business Research, 20(April), 37–41. https://doi.org/10.34257/gjmbravol20is6pg37

Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 1–13.

Anderson, S., & Sin, L. G. (2020). The Influence of Store Atmosphere on Purchasing Decisions and Customer Satisfaction: A Case Study at the Pacific Restaurant, Blitar. Journal of The Community Development in Asia, 3(3), 70–78. https://doi.org/10.32535/jcda.v3i3.891

Armstrong, G., Kotler, P., Trifts, V., & lilly anne buchwitz. (n.d.). MARKETING an introduction.

Badarudin, N., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 313–322.

Berman, B., Evan, joel r, & Chatterjee, P. (2018). Retail Management A Strategic Approach. In Vikalpa: The Journal for Decision Makers (13th ed., Vol. 30, Issue 2). pearson. https://doi.org/10.1177/0256090920050213

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017, pp. 1–285).

Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). December.

Freddy Rangkuti. (2022). THE POWER OF BRAND. PT.GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. UNITOMO PRESS.

Kapferer, J. (2008). The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term Kogan Page Series New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Series. In Igarss 2014.

Kotler&Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.)). erlangga.

Kotler, P. (2001). Kotler - Atmospherics as a marketing tool. January 1974.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. MAULANA & W. HARDANI (eds.); 13th ed.). PT. GELORA AKSARA PRATAMA.

KOTLER, P., & Waldemar Pfoertsch. (2010). INGREDIENT BRANDING (Vol. 5, Issue 3). https://doi.org/10.1007/978-3-642-04214-0

Kouwagam, A. M., Nasir, Y. A., & Alimudin, A. (2022). Factors Affecting Consumer Interest in Shopping at Mangga 2 Traditional Market Surabaya. 05(06), 1123–1129.

Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek. 4, 85–98.

Miauw, K. Y. H. (2017). Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Performa, VOL 1 NO 5(https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/issue/view/38), 1–9.

Pajaree Ackaradejruangsri. (2014). The effect of product quality attributes on Thai consumers’ buying decisions Pajaree. Ritsumeikan Journal of Asia Pacifc Studies, 33(September 2014), 139–152.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). CONSUMER BEHAVIOR & MARKETING STRATEGY. In Mc Graw.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Suprina, R., Rikzani, F., & Sihite, J. (2020). The Impact of Café Atmosphere on Consumer’s Purchase Intention: Case Study at Kopi Praja Café, Indonesia. European Journal of Business and Management, 28–34. https://doi.org/10.7176/ejbm/12-8-05

Tjiptono, F. (2015). STRATEGI PEMASARAN (4th ed.). CV.ANDI OFFSET.

Vaclavik, V., & Christian, E. W. (2014). Essentials of Food Science (Google eBook). https://doi.org/10.1007/978-1-4757-5173-4

Wahyuni, S., & Praninta, A. (2021). Influence of Brand Equity and Service Quality on Purchase Decisions on Garuda Indonesia Airline Services. Research Horizon, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.54518/rh.1.1.2021.28-38

Wang, X., Guo, J., Wu, Y., & Liu, N. (2020). Emotion as signal of product quality: Its effect on purchase decision based on online customer reviews. Internet Research, 30(2), 463–485. https://doi.org/10.1108/INTR-09-2018-0415

Wijaya. (2018). manajemen kualitas jasa. indeks.

Published
2023-08-15
How to Cite
Sunaryo, S., & Tuti, M. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND EQUITY DAN SUASANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(2), 40-51. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i2.699