PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND EQUITY DAN SUASANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Sunaryo Sunaryo
  • Meylani Tuti
Keywords: Kualitas Produk, Brand Equity, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand equity dan suasana terhadap keputusan pembelian pada Pand’Or Cakes di Wijaya 1. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau yang sudah melakukan pembelian lebih dari 2 kali dan teknik sampling yang dipakai adalah accidental sampling yang mendapatkan jumlah sample sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Structural Equation Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputuasan pembelian, brand equity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun suasana tidak berpengaruh positif pada keputusan pembelian.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity.

Ahsan, S. M. H., Azam, M. K. G., Raihan, M. Z., Imam, I. Bin, & Islam, M. N. (2020). Impact of Brand Equity on Consumers Purchase Decision of Smart Phone -A Study on University Students in Chittagong, Bangladesh. Global Journal of Management and Business Research, 20(April), 37–41. https://doi.org/10.34257/gjmbravol20is6pg37

Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 1–13.

Anderson, S., & Sin, L. G. (2020). The Influence of Store Atmosphere on Purchasing Decisions and Customer Satisfaction: A Case Study at the Pacific Restaurant, Blitar. Journal of The Community Development in Asia, 3(3), 70–78. https://doi.org/10.32535/jcda.v3i3.891

Armstrong, G., Kotler, P., Trifts, V., & lilly anne buchwitz. (n.d.). MARKETING an introduction.

Badarudin, N., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 313–322.

Berman, B., Evan, joel r, & Chatterjee, P. (2018). Retail Management A Strategic Approach. In Vikalpa: The Journal for Decision Makers (13th ed., Vol. 30, Issue 2). pearson. https://doi.org/10.1177/0256090920050213

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017, pp. 1–285).

Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). December.

Freddy Rangkuti. (2022). THE POWER OF BRAND. PT.GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. UNITOMO PRESS.

Kapferer, J. (2008). The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term Kogan Page Series New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Series. In Igarss 2014.

Kotler&Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.)). erlangga.

Kotler, P. (2001). Kotler - Atmospherics as a marketing tool. January 1974.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. MAULANA & W. HARDANI (eds.); 13th ed.). PT. GELORA AKSARA PRATAMA.

KOTLER, P., & Waldemar Pfoertsch. (2010). INGREDIENT BRANDING (Vol. 5, Issue 3). https://doi.org/10.1007/978-3-642-04214-0

Kouwagam, A. M., Nasir, Y. A., & Alimudin, A. (2022). Factors Affecting Consumer Interest in Shopping at Mangga 2 Traditional Market Surabaya. 05(06), 1123–1129.

Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek. 4, 85–98.

Miauw, K. Y. H. (2017). Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Performa, VOL 1 NO 5(https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/issue/view/38), 1–9.

Pajaree Ackaradejruangsri. (2014). The effect of product quality attributes on Thai consumers’ buying decisions Pajaree. Ritsumeikan Journal of Asia Pacifc Studies, 33(September 2014), 139–152.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). CONSUMER BEHAVIOR & MARKETING STRATEGY. In Mc Graw.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Suprina, R., Rikzani, F., & Sihite, J. (2020). The Impact of Café Atmosphere on Consumer’s Purchase Intention: Case Study at Kopi Praja Café, Indonesia. European Journal of Business and Management, 28–34. https://doi.org/10.7176/ejbm/12-8-05

Tjiptono, F. (2015). STRATEGI PEMASARAN (4th ed.). CV.ANDI OFFSET.

Vaclavik, V., & Christian, E. W. (2014). Essentials of Food Science (Google eBook). https://doi.org/10.1007/978-1-4757-5173-4

Wahyuni, S., & Praninta, A. (2021). Influence of Brand Equity and Service Quality on Purchase Decisions on Garuda Indonesia Airline Services. Research Horizon, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.54518/rh.1.1.2021.28-38

Wang, X., Guo, J., Wu, Y., & Liu, N. (2020). Emotion as signal of product quality: Its effect on purchase decision based on online customer reviews. Internet Research, 30(2), 463–485. https://doi.org/10.1108/INTR-09-2018-0415

Wijaya. (2018). manajemen kualitas jasa. indeks.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-08-15
How to Cite
Sunaryo, S., & Tuti, M. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND EQUITY DAN SUASANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(2), 40-51. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i2.699