ANALISIS PERILAKU MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP DAYA BELI PRODUK ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE

  • luthfiyyah rahadatul 'aisyi fiya
  • amanda afriza putri amanda
  • putri dwi permatasari putri
  • topan iskandar topan
Keywords: Daya Beli, E-commerce, Konsumen, Perilaku

Abstract

Perilaku mahasiswi sebagai konsumen dalam konteks daya beli produk online di platform
e-commerce. Metode penelitian melibatkan observasi, wawancara dan dokumentasi
melalui pendekatan kualitatif untuk memahami preferensi, kebiasaan belanja, dan faktorfaktor yang memengaruhi keputusan pembelian mahasiswi. Temuan penelitian menyoroti
bahwa mahasiswi cenderung menjadi konsumen aktif di platform e-commerce, dengan
kecenderungan mencari produk yang berkualitas dan harga terjangkau. Analisis juga
menunjukkan bahwa kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi online sangat
memengaruhi keputusan pembelian mahasiswi. Faktor-faktor seperti ulasan produk,
promosi, dan layanan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Selain itu, aspek sosial dan tren juga memainkan peran penting dalam
membentuk preferensi konsumen mahasiswi terhadap produk tertentu. Implikasi temuan
ini dapat memberikan panduan bagi pelaku e-commerce untuk lebih memahami
kebutuhan dan preferensi konsumen mahasiswi muslim, sehingga dapat mengoptimalkan
strategi pemasaran dan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam berbelanja online.
Kata kunci : Daya Beli, E-commerce, Konsumen, Perilaku

References

Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia
Dini (Studi Kasus di Desa Karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal
Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode
Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Afdila, & Ferdinan. (2020). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumen dalam
Perspektif Ekonomi Syariah. AL-Muqayyad, 3(2), 180–192.
https://doi.org/10.46963/jam.v3i2.285
Ainiyyah, F. A., & Wildana. (2021). Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Islam
(Studi Kasus MH Whitening Skin). Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam,
2(2), 1–12. https://doi.org/10.55623/au.v2i2.35
Amalia, R. J. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap
Belanja Online di masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis IslamJIEBI, 4(1), 1–16.
Atmaja, R., & Maryani, M. (2021). Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen
terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Terapan Ilmu
Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 88–109.
Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan
Keterampilan Menjahit Busana Wanita bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota
Samarinda. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 2(2), 75–80.
Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak Pandemi COVID-19 pada Kegiatan
Ekspor Impor (Studi pada PT. Pelabuhan Indoneisa II (Persero) Cabang Teluk Bayur). Jurnal Saintek Maritim, 22(2), 117–126.
Fajrillah, R. N., & Sipahutar, A. A. (2023). Analisis Konsumen terhadap Jual Beli di ECommerce dalam Hukum Islam. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Digital
(JAMED), 3(2), 12–20.
https://ejournal.insightpower.org/index.php/JAMED/article/view/231%0Ahttps://ejourn
al.insightpower.org/index.php/JAMED/article/viewFile/231/179
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). PENERBIT
DEEPUBLISH.
Harahap, D. B., Ridwan, M., & Rahmani, N. A. B. (2023). Pengaruh Website E-Commerce
dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai
Variabel Intervening dan Prespektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus Mahasiswa UIN
Sumatera Utara ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2667–2673.
Hasibuan, Z. A., & Nurbaiti. (2023). Perubahan Gaya Hidup Pengguna E-commerce
dalam Daya Beli Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen ,
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis
(JEMB), 2(1), 205–210.
Hasna, A. N. (2023). Implementasi Etika Konsumen Shopee. JAHE: Jurnal Ayat dan
Hadits Ekonomi, 2(2), 29–34.
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal
Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Mauludin, M. S., Saputra, A. D., Sari, A. Z., Munawaroh, I., & Regita, E. P. (2022).
Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi di e-Commerce. Proceedings of Islamic
Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108–123.
https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf
Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 153–171.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Barang dan
Jasa Secara Online sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus
Mahasiswa Febi Semester 3 Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon). Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurnal Ecopreneur, 1(1), 46–54.
Pratiwi, A. M. P., Pangiuk, A., & Ismail, M. (2023). Pengaruh Jual Beli Online ECommerce Shopee terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat
Milenial Di Kecamatan Belitang. Journal of Management and Creative Business
(JMCBUS), 1(2), 1–18.
https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/jmcbus/article/view/726
Rosada, P. I., & Widigdo, M. S. A. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Muslim dalam
Belanja Melalui Shopee Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Islam.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 1658–1666.
https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31567/%0Ahttps://etd.umy.ac.id/id/eprint/31567/1/Hala
man Judul.pdf
Rosdina, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen
terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi
Undiksha, 11(1), 318–328. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Sampouw, C. P., & Wulandari, A. (2020). Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs
Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen. JCommsci -
Journal of Media and Communication Science, 3(2), 58–69.
https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i2.68
Silvia, G., & Anwar, K. (2021). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumen
Tokopedia pada Masyarakat Kota Jambi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan
Keuangan, 1(3), 240–251. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.44
Solihin, & Azwar, W. (2019). Sharia Customer Behavior: Perilaku Konsumen dalam
Belanja Online. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 4(1), 101.
https://doi.org/10.15548/jebi.v4i1.222
Thohir, M., Sari, A. I., & Aini, E. N. (2021). Konsumerisme dan E-commerce: Perilaku
Konsumen Online Saat Pandemi dalam Tinjauan Pendidikan Ekonomi Islam. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, XII(II), 121–136.
Titi Herawati, Muhammad Iqbal Fasa, & Suharto. (2022). Perilaku Konsumen dalam
Berbelanja Online dimasa Pandemik Covid-19. Islamic Economics and Finance
Journal, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.55657/iefj.v1i1.5
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP pada Masa Pendemik
Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22.
https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22
Published
2024-07-23
How to Cite
’aisyi, luthfiyyah, putri, amanda, permatasari, putri, & iskandar, topan. (2024). ANALISIS PERILAKU MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP DAYA BELI PRODUK ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 27(2), 8-24. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v27i2.789