INTERNET MARKETING ‘GERAKAN HIDUP SEHAT/GHS’ DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS HERBAL CONCENTRATE HONEY GINGER TEA OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. HERBALIFE NUTRITION INDONESIA
Abstract
Persaingan industri minuman kesehatan yang semakin ketat mendorong PT. Herbalife Nutrition Indonesia berupaya menyediakan nutrisi yang segar namun aman bagi kesehatan, yaitu Herbal Concentrate Honey Ginger Tea yang dipromosikan dan dipasarkan, salah satunya melalui internet marketing dengan nama ‘Gerakan Hidup Sehat/GHS’. Internet marketing GHS pada Herbal Concentrate Honey Ginger Tea menarik untuk diteliti karena penting bagi kesehatan bangsa dan terinsipirasi dari gerakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tanggal 12 September 2017, PT. Herbalife Nutrition Indonesia menandatangani kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) selama lima tahun ke depan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui internet marketing ‘Gerakan Hidup Sehat/GHS’ dalam menciptakan brand Awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea oleh Marketing Communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran, bauran promosi, internet marketing, brand awareness, analisis matrix variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menganalisis internet marketing ‘GHS’ dalam menciptakan brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea oleh marketing communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia. Penelitian ini melakukan wawancara semi terstruktur kepada Ibu Farkhatus Solikhah selaku marketing communication dan Ibu Sri Subekti selaku sales marketing. Analisis yang dilakukan menggunakan matriks variabel dalam membahas dan menjawab permasalahan penelitian mengenai keterkaitan internet marketing dengan brand awareness. Brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea diupayakan oleh Marketing Communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia melalui internet marketing berupa Instagram karena dapat memuat informasi tertulis, gambar, audio, visual, dan Instagram @herbalifenutrition memiliki jumlah followers sebanyak 1,7 juta followers. Brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea melalui YouTube karena YouTube dapat memberikan dan memuat tutorial atau panduan olahraga atau workout secara audio, dan visual dalam bentuk video. Internet marketing melalui Facebook karena Facebook merupakan media yang dapat membangun hubungan dengan calon konsumen dan konsumen secara transaksional. Internet marketing melalui Twitter karena Twitter adalah media yang lebih mengedepankan pemberian informasi dan penjelasan mengenai Herbal Concentrate Honey Ginger Tea. Hal tersebut menjadikan calon konsumen dan konsumen terdorong untuk terus mengingat/recall, memahami/recognition, berminat/ purchase, dan membeli/consumption Herbal Concentrate Honey Ginger Tea yang dipasarkan dipromosikan melalui internet marketing berupa email, Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter sehingga tercipta brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea
References
Nasirotul Ratih Sulifan Ninda Sari, 2014, Internet Marketing dan Kepuasan pelanggan, Studi Deskriptif Kualitatif Kepuasan Pelanggan dalam Berbelanja Online di Spoonfork Shop, Jurnal Universitas Sebelas Maret (online) (https://www.jurnalkommas.com, diunduh tanggal 20 Februari 2023
David Aaker, 2018, Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Mitra Utama
indonesia@herbalifemail.com, 2022, Herbal Concentrate Honey Ginger Tea, Jakarta
Putri, Maria Elisabeth Krisanti & Lina Sinatra Wijaya & Dian Novita Kristiyani, 2020, Peran Public Relations dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana), Jurnal Impresi UNS, (online), (https://jurnal.uns.ac.id, diakses 19 September 2022).
Maryolein, Shyntadevy & Nadia Dwina Hapsari & Rani Chandra Oktaviani, 2019, Instagram Sebagai Media Publikasi dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium, Jurnal Budiluhur, (online), (https://journal.budiluhur.ac.id, diakses 15 Agustus 2022)
Kotler, Phillip dan Gary Armstrong, 2014, Prinsip- Prinsip Managemen, Edisi 14, Jakarta: Erlangga
Bradanata, Muadz Wisnu & Sampurno Wibowo, e-Proceeding of Applied Science: Vol.3, No. 2, Agustus 2017, Pengaruh Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Indomaret Bandung Cabang Ciganitri, Jurnal Prodi D3 Manajemen Pemasaran, fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom (online), (https://openlibrarypublications.telomuniversity.ac.id, diakses 20 Februari 2023).
Mubarak, Rayhan Arfi & Lies Sulistiyowati, 2020, Manfaat Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Puree Mangga, Studi Kasus pada CV. Promindo Utama di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jurnal Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (online), (https://jurnal.unigal.ac.id, diakses 20 Februari 2023).
Haris Herdiansyah, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika
Lexy J. Moleong, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta