PENGARUH STRATEGI MULTI SEGMEN SERTA PERSISTENSI LABA TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI PEMODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi multi segmen yang diukur dengan Indeks Herfindahl (HI) serta Persistensi Laba pengaruhnya terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) yaitu respon pasar disekitar tanggal pengumuman laba. Untuk strategi multi segmen digunakan pengukuran dengan menggunakan indeks Herfindahl (HI), dimana semakin HI mendekati nilai 1 artinya perusahaan tersebut semakin terfokus pada satu segmen tertentu. Adapun semakin HI mendekati nilai nol artinya perusahaan memiliki strategi menyebar usahanya ke banyak segmen. Untuk persistensi laba digunakan ukuran perubahan laba, dari laba tahun ini terhadap laba tahun sebelumnya. Sebagai faktor pemoderasi digunakan variabel kualitas laba, yaitu nilai 1 bagi perusahaan yang diaudit oleh KAP Big4 dan nilai nol jika diaudit oleh KAP non Big4. Hasil pengujian menunjukkan bahwa strategi multi segmen yang ditunjukkan melalui indeks herfindahl tidak berpengaruh signifikan terhadap ERC, seberapapun segmen bisnis yang dijalankan perusahaan tidak mempengaruhi nilai ERC. Adapun untuk persistensi laba, hasil menunjukkan berpengaruh positif signifikan (α = 1%) terhadap ERC, Artinya semakin perusahaan memiliki laba yang persisten dari tahun ke tahun, semakin meningkat respon pasar di sekitar tanggal pengumuman laba tersebut. Untuk model dengan pemoderasi kualitas laba, hasil menunjukkan bahwa kualitas laba terbukti dapat berperan sebagai faktor pemodersi. Pada perusahaan yang diaudit oleh KAP Big4 terbukti memperkuat pengaruh strategi multi segmen ERC. Sementara untuk persistensi laba, keberadaan KAP Big4 juga memperkuat pengaruh laba yang persisten terhadap respon positif pasar disekitar tanggal pengumuman laba (ERC).
References
Kusumaningtyas, Suryaputri Arum. (2019). Pengujian Efisiensi Pasar Modal Indonesia 2015-2018. https://jimfeb.ub.ac.id
Attig, Najah, dkk. (2013). International Diversification and Corporate Social Responsibility. School of Business & Management Working Paper Series (SBM WPS), 12(11), 1-50.
Patrisia, D., Dastgir,S., & Abror. (2019). Diversification and Corporate Social Performance in Indonesia. Etikonomi : Jurnal Ekonomi. Vol.18 (2): 221 – 232. Doi:http//dx.doi.org/ 10.15408/ etk.v1812.11816
Patrisia, Dina, dkk. (2019). Corporate Diversification and Corporate Social Performance in Indonesia. Etikonomi, 18(2), 221-232.
Scott, W.R. (2012). Financial Accounting Theory. 6 th edition. Prentice Hall Inc. Canada, Ontario
Brigham, Eugene dan Joel Houston, Fundamental of Financial Management, 13th edition. (2012). Thomson South Western.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Subramanyam, K.R. dan John J Wild. Analisis Laporan Keuangan, Buku 1, Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta, 2012.
Nachrowi D dan Hardus Usman, 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Delvira,M., & Nelvirita. (2013). The Effect of systematic Risk, Leverage and Earnings Persistance on the earnings Response Coefficient. WRA Journal, 1 (1).129-154
Fama, E.F., & French, K.R. (2002). Testing Trade-off and Pecking Order Predictions About Dividens and Debt. The Review of Financial Studies, 15 (1), 1–33.
Ferry Irawan & Lili Talpia. (2021). The Effect of Leverage, Firm Size, Earnings Growth and Earnings persistence on Earnings Response Coefficient. Bina Ekonomi, Volume 25 No.1. 41-55
Gunawan, Ari., Choirul,Anwar., syahril Djaddang. (2021). Value Added Intellectual Capital memoderasi pengaruh leverage, risiko sistematis, growth opportunities dan firm size terhadap Earnings response Coefficient (ERC). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuanm Teknologi dan Humaniora. Vol.4, No. 1. 24-33
Handayani, P. S., & Suartana, I. W. (2015). Pengaruh Hari Perdagangan pada Abnormal Return Dan Volatilitas Return Saham Indeks LQ45, E-[3]Jurnal Akuntansi, 916-932.
Hasanzade M, Darabi R, Mahfoozi G. (2013). Factos affecting the Earnings Response Coefficient: An empirical study for Iran. European Online Journal of Natural and Social Sciences. 2(3): 2551 – 2562
Ittner,C.D., D.F.Larcker., M.V.Rajan. (2007).The Choice of Performancemeasures in annual bonus contract.The Acccounting Review. 72(2): 231-255
Mashayekhi B., Aghel. (2016). A study on the Determinants of Earnings Response Coefficient. International Journal of Economics and Management Engineering, 10 (7) 2479 -2481
Moradi, Mehdi., Mahdi Salehi., Zakiheh Erfanian. (2010). A Study of the Effect of Financial Leverage on Earnings Response Coefficient throughout Income Approach: Irian Evidence. Intenational Review of Accounting, Banking and Finance. Vol 2, No 2 (2010): 104-116.
Mowen, Maryane M., Don R. Hansen, and L.Heitger. (2014). Cornerstones of Managerial Accounting, 5th Edition. South-Western: Cengange Learning.
Raza, W., Ihsan, A., Jan, S. (2017). Effect of Big 4 on Earnings Response Coefficient. Evidence from Pakistan. Journal of Managerial Sciences, XI (03), 499 - 512
Scott, William, R. (2019). Financial Accounting Theory . Pearson; 8th Edition.
Shen C, Chih H. (2005). Investor protection prospect theory and earnings management: An international comparison of the banking industry. Journal of Banking & Finance. 29(10); 2675-2697
Suwardjono. (2010). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Susanto, Y.K. (2012). Determinan Koefisien Respon Laba. Jurnal Akunansi &Manajemen. Vol. 2, No. 3, Desember 2012, ISSN: 0853-1259.
Suad, Husnan. (2005). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Penman, Stephen.H. (2009). Financial Statement Analysis and Security Valuation, Singapore: McGrawHill.
Persada, Aulia Eka dan Martani, Dwi. (2010). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Book Tax Gap dan pengaruhnya terhadap Persistensi Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Volume 7- No.2. Desember 2010. ISSN: 2406-9701.
Putri,E.P. & Azhari.M. (2016). Determinan koefisien respon laba (Studi empiris pada perusahaan sector industry barang konsumsi yang terdaftar di BEI Periode Tahun 2014-2016). E-Promaceeding of Management, 4(3), 2350-2358