PENGARUH PENGGUNAAN BREAK-EVEN-POINT DALAM PERENCANAAN, PENGENDALIAN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PT. DERAZONA AIR SERVICE

  • Edi Wahyu Wibowo
  • Subur Harahap
Keywords: Break Even Point, Pengambilan Keputusan, Perencanaan, Pengendalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan break-even point (BEP) analysis dalam perencanaan, pengendalian, dan proses pengambilan keputusan, pada Derazona Air Service. Studi penelitian ini menyoroti realitas penggunaan BEP dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan di Derazona Air Service. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 karyawan dengan posisi supervisor ke atas di selurh departemen di Derazona Air Service. Studi ini menemukan bahwa, sebagian besar departemen di Derazona Air Service menggunakan BEP dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan, dan terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara penggunaan BEP dan keberhasilan perencanaan, pengendalian. dan pengambilan keputusan diĀ  Derazona Air Service. Penelitian ini merekomendasikan bahwa, perusahaan lain sebaiknya menggunakan BEP sebagai alat utama pengambilan keputusan dan pengawasan perencanaan karena dampaknya, efisiensi dan akurasi dalam rasionalisasi dan pengendalian keputusan.

References

Alnasser, Shaban, Al-zubi. (2014). The Effect of Using Break-Even-Point in Planning, Controlling, and Decision Making in the Industrial Jordanian Companies. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.
Garrison, Ray; Noreen, Eric; Brewer, Peter. (2011). "Managerial Accounting" 14th Ed. McGraw-Hill Irwin,
Hammid, Abdul mutaleb. (2000). "The visibility study for investment decision Making" Alexandaria University.
Horngren, Charels T. Datar, Srikant M. Rajan, Madhav V. (2014). "Cost Accounting" 14th Ed. Pearson Education Limited.
Linwoodinvestment. (2014). "Break-Even-Point" Accessed 25 Feb 2014. Available: www.Linwoodinvestment.com
Manishranalkar. (2014). "Break-Even-Point" Accessed 25 Feb 2014. Available: www.studymode.com.
Moyer, McGuigan, Kretlow. (2005), "Contemporary Financial Management", 10th, Tenth Edition. SouthWestern Publishers,
Needles, Belverd E, Powers, Marian; Mills, Sherry K.; & Anderson, Henry R. (1999). "Principles of Accounting" 7th ed. Houghton Mifflin.
Slideshare. (2014). "Break-Even-Point" Accessed 27 Feb 2014. Available: www.slideshare.net
Uma, Sekrran. (2003). Research Method for Business: A Skill Building Approach. 7th Edition, John Wiley and Sons, New York.
Wikipedia org. (2014). (Definition of BREAK-EVEN-POINT) Accessed 20 Feb 2014. Available: http:// www.Wikipedia.org.
Published
2024-12-12
How to Cite
Wibowo, E., & Harahap, S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN BREAK-EVEN-POINT DALAM PERENCANAAN, PENGENDALIAN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PT. DERAZONA AIR SERVICE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(3), 144 - 153. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i3.847