Sales Promotion Dengan Menggunakan Media Sosial Instagram Untuk Membangun Brand Awareness Pada Saga Space
Abstract
Sales promotion merupakan upaya pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan. Sales promotion dilakukan oleh SAGA Space untuk membangun brand awareness atau kesadaran merek kepada para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi dan kebijakan yang diterapkan oleh SAGA Space dalam kegiatan sales promotion terutama di ranah digital (media sosial Instagram). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka sebagai tehnik pengumpulan data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kegiatan sales promotion melalui pemberian potongan harga, promosi silang, promosi gabungan, kupon dan hadiah yang disebarkan melalui Instagram dapat membangun brand awareness. Hal ini mampu menarik pelanggan datang dan melakukan pembelian khususnya melalui promosi gabungan. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa penerapan sales promotion yang dilakukan oleh marketing communication dari SAGA Space belum semuanya digunakan secara optimal untuk membangun brand awareness.