PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Abstract
Corporate Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah suatu bentuk tindakan tanggung jawab sosial perusahaan atas segala aktivitas yang telah dilakukan dengan turut serta memberi kontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada sektor perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling dan random sampling technique yang akan digunakan sebagai penentuan jumlah sampel, sampel dalam penelitian ini ada sebanyak 25 perusahaan, data perusahaan ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah di audit pada periode 2017-2022 dengan total sampel 150 laporan keuangan perusahaan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ROA berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, (2) CR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, (3) DAR berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, (4) SIZE berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
References
Sunaryo, B.A., & Mahfud, M. K. 2016. Pengaruh Size, Profitabilitas Leverage dan Umur terhadap Pengungkapan Tangggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2010 – 2013). Diponegoro Journal of Management, ISSN (Online): 2337-3792 Volume 5 Nomor 2, 1-14.
Arita, E., & Mukhtar, R. 2019. Pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014–2018. Menara Ilmu, 13(10).
Ahmad Kamil, A. H. 2019. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr). 1–17
Saputra, S. E. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Size terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. ECONOMICA, 5 (1): 75-89.
Maghfiroh, Alisa Anggarani. 2016. Analisis Tingkat Kepatuhan Pengungkapan Csr Pada Industri Semen, Sektor Pertambangan dan Sektor Perbankan Periode 2013-2014. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.
Dowling, J., & Pfeffer, J. 1975. Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior. Pacific sociological review. Vol. 18 No. 1, p. 122–136.
Reverte, Carmelo. 2009. Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethics. No. 88, 351-366
Sembiring, Eddy Rismanda. 2006. “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta”, jurnal Maksi Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 6, No. 1, Januari, hlm. 69-85.
Tista, K.R.R., & Putri, I G.A.M. 2020. Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 30(11), 2737-2752
Kamil, Ahmad dan Antonius, Herusetya. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi, Vol. 2 No. 1.
Ruslim, H., Wijaya, A., Ekadjaja, A., & Yanti, M. 2017. The Influence of Company Size, Profitability, Leverage, And Foreign Ownership on Corporate Social Responsibility Disclosure among Manufacturing Companies. International Journal of Advanced Engineering and Management Research, 2(4)
Abidin, J., dan Lestari, S. A. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Ukuran Komite Audit terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Riset & Jurnal Akuntansi, 4 (1): 48-57
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2013
Ferdinandus Agung Himawan, Anik Widiastuti. 2021. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 24 No. 2