PENGARUH DIGITAL MARKETING, STORE ATMOSPHERE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STORE KKV MALL OF INDONESIA

  • Edi Wahyu Wibowo
  • Nurul Nurul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, store atmosphre, dan brand image secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada store KKV, dimana variabel independen yang terdiri dari digital marketing, store atmosphre, dan brand image dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen store KKV Mall Of Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, Teknik Nonprobability Sampling yang digunakan adalah sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Analisis data menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji statistif f (uji simultan), dan uji statistik t (uji parsial).

References

Kotler dan Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Solikhah, S. A., Fradani, A. C., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Toko
Shaga Collection. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 122-134.

Berman, B., dan Evans, J. R. (2013). Retail Management: A Strategic Approach. Pearson Education.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition (4th ed.). Pearson Education.

Hakim, I. N., & Nuryanto, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital Canon Di Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 1(2), 10-16.

Kotler, P., & Kevin, L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi, Cetakan Ke-13. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Manossoh, A., Mananeke, L., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis Perbandingan Sikap Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Shampoo Clear dan Shampoo Pantene di Winangun. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Sutisna & Susan, Marcellia. (2022). Perilaku Konsumen sebagai Dasar untuk Merancang Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Dave Chaffey. (2015). Digital business and E-commerce management: Strategy, implementation and practice, Management and Marketing, Sixth edition

Fandy, T., & Diana, A. (2016). Pemasaran esensi dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Putro, I. F., Riorini, S. V., & Aldo, P. N. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Brand Trust terhadap Purchase Intention Smartphone Apple. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 1221-1229.

Rismawati, I. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Experiential marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Waroeng Setiabudhi Cihampelas. Menara Ilmu, 14(1).

Haris et.al (2023) Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indogrosir Kendari. JMK 15(1) 104-115.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953-964.

Fitria, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Surabaya. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(4), 965-980.

Manik, C. D. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Astra International, Tbk Toyota Auto 2000 Bumi Serpong Damai. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 111-117.

Tjiptono, Fandy (2010). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Penerbit Andi. Yogyakarta

Abbas, M. A. Y., & Firdaus, R. R. Pengaruh Minat Penggunaan Financial Technology Ovo Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Department Store Samarinda. Jurnal Ekonomika Vol, 10(2), 490-503.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249-258.

Ayuningsih, N. (2022). Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mr. DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta Barat. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 358-367.

Namira Barus, I. S., dan Aulia Adnans, A. (2023). The Effect of Visual Merchandising and Store Atmosphere on Purchase Decision at KKV Delipark Medan, International Journal of Research and Review, 10(10), 176–181.

Waruru, H., & Sugiyanto (2023) Pengaruh Citra Merek, Kualitas, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Miniso Jakarta (Studi Kasus pada Miniso Atrium Senen). HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings), 3,(2),. 700-706

Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75-87.

Sugiyono, D. R. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Noor, J. (2015). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen.

Durianto, D et al. (2004). Strategi Menaklukan Pasar. Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata.
Published
2024-04-25
How to Cite
Wibowo, E., & Nurul, N. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING, STORE ATMOSPHERE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STORE KKV MALL OF INDONESIA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 27(1), 57-69. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v27i1.907