Pemaknaan Iklan-Iklan Terkait Kesehatan Pria di Surat Kabar Poskota
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimanakah konotasi digambarkan melalui iklan terkait kesehatan pria dengan menganalisis positioning iklan dan konotasi yang ditonjolkan dalam iklan-iklan tersebut. Data penelitian merupakan tiga iklan kesehatan pria pada surat kabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana penulis hanya mendeskripsikan semau fenomena yang dianalisisnya menggunakan bahasa dan tanpa angka. Teori yang digunakan adalah teori oleh Cook dan Barthes. Hasil penelitian menemukan konotasi yang diberikan oleh masyarakat tentang iklan ini adalah bahwa tidak selamanya pria merasa bahwa kesehatan mereka tidak hanya dilihat dari gaya hidup. Kesehatan pria pada iklan berkaitan dengan ’kemampuan’ mereka untuk dapat menyenangkan bahkan memuaskan pasangannya. Oleh karena adanya pergeseran pandangan dalam masyarakat tentang konsep ’kesehatan pria’ tersebut, menyebabkan banyak pria berlomba-lomba untuk menjadi ’sehat’. Konotasi yang sekarang ada di masyarakat tentang pria ’sehat’ adalah mereka yang memiliki ukuran, kekuatan, serta ketahanan yang diinginkan pasangannya. Adapun positioning pada iklan ini menunjukkan bagaimana pengiklan lebih mengedepankan nama produk atau bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut. selain itu juga positioning lebih banyak menggunakan gambar untuk menarik perhatian pembaca.