PENGARUH QUALITY CONTROL CIRCLE TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK.

  • SP. Attang Soeseno Institut Bisnis Nusantara
  • Fatkhur Rizal Jamal Alumni Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Quality Control, Kinerja Karyawan

Abstract

Quality Control Circle (QCC) sebagai suatu sarana memerbaiki kualitas dan produktivitas secara terus menerus pada kelompok kerja dinilai sesuai bagi pencapaian target kinerja organisasi. Penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui sejauh mana QCC berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh QCC terhadap kinerja karyawan pada PT. Astra Internasional Tbk.-Daihatsu Sales Operation, Cabang Pondok Cabe.

References

[1] Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi, cetakan ketiga belas, penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2009.
[2] Juse, Quality Control Circle Headquarters (Gugus Kendali Mutu), Seri Manajemen No.77, cetakan kedua, penerbit PT. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta, 1987.
[3] M.N. Nasution, Total Quality Manajemen, penerbit Ghalia Indonesia, Bogor, 2005.
[4] A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesebelas, penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.
[5] Wibowo, Manajemen Kinerja, edisi ketiga, penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2007.
[6] Duwi Priyatno, SPSS 22 : Pengolah Data Terpraktis, Edisi Pertama, penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta, 2014.
[7] Duwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, cetakan ketiga, penerbit PT. Buku Kita, Jakarta, 2009.
Published
2018-09-10
How to Cite
Soeseno, S. A., & Jamal, F. (2018). PENGARUH QUALITY CONTROL CIRCLE TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(2), 107-118. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i2.10