TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PERGURUAN TINGGI

  • Moh. Muslim Institut Bisnis Nusantara
  • Sururin Sururin Universitas Islam Negeri Jakarta
Keywords: Total Quality Management, TQM, Kaiza, SPMI, Perguruan Tinggi

Abstract

Total Quality Management merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota. Penerapan TQM sangat berkaitan erat dengan kualitas. Dengan demikian TQM memberikan landasan bagi manajemen mutu dan merupakan suatu alternatif dalam menjamin kepuasan pelanggan.

Sistem penjaminan mutu merupakan sarana untuk mendorong terwujudnya lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi. Kebijakan yang ditetapkan agar lulusan perguruan tinggi terjamin mutunya adalah dengan menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada masing-masing perguruan tinggi. SPMI dipandang sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu SPMI dimaksudkan untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi itu sendiri secara berkelanjutan.

References

Creech, B. 2000. Lima Pilar (Manajemen Mutu Terpadu) TQM: Cara membuat Total Quality Management Bekerja bagi Anda. Jakarta: Binarupa Aksara.
David, Fred R & David Forest R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Gandem, I.B. 1999. Penerapan Sistem Jaminan Mutu ISO-9001 di Perum Jasa Tirta. Makalah dalam Seminar dan Lokakarya tentang "Implementasi Konsep TQM untuk Memaksimalkan Daya Saing Organisasi pada Era Globalisasi dan Perdagangan Bebas". Tanggal 8-10 Pebruari 1999. Malang: Universitas Brawijaya.
Kotler, J.P. & Schlesinger, LA. 1979. Choosing Strategies for Change. Harvard Business Review. 57 (2).
Nasution, MN. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ramdass, K. & Kruger, D. 2006. Repositioning Quality Culture in Higher Education. Pretoria: University of Johannesburg.
Robbin, Stephen P. & Coulter Mary. 2016. Manajemen Jilid I edisis ketigabelas. Jakarta: Erlangga
Soewarsi Hardjosoedarmo. 2004. Total Qualiy Management. Yogyakarta: Andi.
Sondang P. Siagian. 1995. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Stoner James A.F. & Freeman R. Edward & Gilbert JR Daniel R. 1996. Manajemen Jilid I. Jakarta: Indeks Gramedia.
Tenner, A. R., & DeToro, I.J. 2000. Total Quality Management: Three Steeps to Continous Improvement. Massachuset: Addison-Weley Publishing Company.
Tjiptono, F. & Diana, D. 2000. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

https://www.ristekdikti.go.id/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri
http://lpm.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/permenristekdikti-62-2016.pdf
https://www.google.co.id/search?q=pedoman+spmi&oq=pedoman+spmi&aqs=chrome..69i57j35i39.5576j0j8&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Published
2018-09-10
How to Cite
Muslim, M., & Sururin, S. (2018). TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PERGURUAN TINGGI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(2), 119-130. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i2.11