PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSET, CURRENT RATIO DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014

  • Sakinah Sakinah Alumni Institut Bisnis Nusantara
  • Albertus Karjono Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), Reputasi Auditor, Price Earning Ratio (PER), Nilai Perusahaan

Abstract

Pasar modal merupakan sarana yang efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga untuk peningkatan penanAman modal oleh investor. Semakin banyak investor yang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat dipengaruhi oleh profitabilitas perusahaan, yang tercermin dari harga saham dan kinerja laporan keuangan yang positif. Untuk meyakinkan investor perusahaan perlu pengawasan eksternal yang independen. Semakin tinggi reputasi audit diyakini kualitas audit juga membaik. Kelompok auditor Big Four dan non Big Four merupakan sebagian klasifikasi dari reputasi audit pada Kantor Akuntan Publik.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variable DER, ROA, CR dan Reputasi Auditor terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI perode 2010-2014. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, yaitu dengan teknik tertentu. Dari laporan keuangan tersebut diperoleh 24 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan statistik Deskriptif, uji asumsi klasik, uji spesifikasi model dan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 1%, 5% dan 10%.

Hasil penelitian dengan menggunaka PER sebagai proksi nilai perusahaan, secara signifikan dipengaruhi oleh ROA dengan tingkat signifikansi sebesar 0,0723, CR dengan tingkat signifikansi 0,0362 dan reputasi auditor dengan tingkat signifikansi 0,0051. Sedangkan seluruh variabel ini mempengaruhi sebesar 11,11% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan 88,88% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain dari variabel yang diteliti pada penelitian ini.

References

Anggraini, Yemima. 2012. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Price Earning Ratio. Semarang.
Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. Pengantar Pasar Modal. 2006. Rineka Cipta. Jakarta.
Dr.Kasmir. 2013. Anlisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Dwi, Priyanto. 2009. Mandiri Belajar SPSS. Mediakom. Yogyakarta.

Elder, Randal J; Mark S Beasley dan Alvin A. Arens. 2011 . Jasa Audit dan Assurance. Salemba Empat. Jakarta.
Gunawan, Barbara dan Halim, Mazda. 2012. Pengaruh Ownership Retention, Reputasi Auditor, Laba Perusahaan dan Underpricing terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial dan Institusional sebagai Variabel Pemodersi. Jurnal Akuntansi & investasi Vol. 13 No 2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.
Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.
Nacrowi, Djalal Nacrowi, Hardius Usman. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Lembaga Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Prasetyorini, Bhekti Fitri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Surabaya.
Rahayu, Sri. 2010. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pomoderasi. Semarang.
Sari, Eling Monika. 2013. Analisis Pengaruh Current Ratio, Return On Assets Debt To Equity Ratio, dan Size terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 – 2011, Yogyakarta.
Setiwan, Heru. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Opini Audit, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay. Jakarta.
Sugiono, Arief; Yanuar Nanok Soenarno dan Sythia Madya Kusumawati.2010. Akuntansi & Pelaporan Keuangan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.
Sunariyah. 2013. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal edisi keenam. UPP STIM YKPN.
Widarjo, Wahyu. 2010. Pengaruh Ownership Retention, Investasidari Proceeds dan Reputasi Auditor terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikkan Manajerial dan Institusionalsebagai Variabel Pomoderasi. Surakarta.
Wihardjo, DjokoSatrio. 2014. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Semarang.
Wikayanti, Sari. 2011. Peranan Audit Internal dalam Menunjang EfisiensiBiaya Pemasaran pada PT. Supra Artha Indonesia. Jakarta.
Published
2018-09-10
How to Cite
Sakinah, S., & Karjono, A. (2018). PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSET, CURRENT RATIO DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(2), 131-150. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i2.15