ANALISIS STRATEGI PERSONAL SELLING MARKETING COMMUNICATION DI PT. INFOGLOBAL (CONTOH KASUS PRODUK APLIKASI PERTAHANAN MARKAS BESAR TNI ANGKATAN UDARA DI JAKARTA)

  • Ginanjar Bayu Bimantoro Institut Bisnis Nusantara
  • Radyta Achmad Burhanuddin Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Pemasaran Perusahaan IT, Marketing Communication, Strategi Personal Selling, Komunikasi Interpersonal, Brand Image

Abstract

Dalam era digital ini, banyak perusahaan yang menawarkan produk aplikasi yang bisa dirancang sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan banyaknya produk aplikasi yang ada, maka setiap perusahaan harus memiliki strategi tersendiri guna mempromosikan serta mempertahankan produk buatannya tersebut dipasaran. Dengan melakukan riset serta pengembangan produk diharapkan produk aplikasi ini bisa selalu menjadi pilihan utama pelanggan. Seperti yang dilakukan oleh PT. Infoglobal, yang merupakan perusahaan IT (Information and Technology) berbasis produk aplikasi. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1992 ini telah membuat berbagai produk aplikasi hingga saat ini. Produk yang dibuatnya merupakan produk aplikasi yang berbasis web dengan desain dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Teknik promosi yang dilakukan dan dirasa cukup efektif adalah personal selling. Teknik personal selling yang dilakukan oleh marketing communication PT. Infoglobal memiliki langkah sebagai berikut: Memilih calon pelanggan (prospecting and qualifying) yakni dengan merumuskan segmentasi dan target pasar yang sesuai dengan spesifikasi aplikasi pertahanan yang telah dirumuskan manajemen sebelumnya, Mempelajari calon konsumen (preaproach) yakni dengan dengan mempelajari perilaku verbal dan non verbal pada saat proses komunikasi interpersonal berlangsung, menganalisis gaya berbicara, cara berpakaian dan karakter personal calon customer. Pendekatan (approach) yakni dengan melakukan pendekatan secara personal dan memberikan fasilitas entertainment kepada calon customer. Presentasi dan demonstrasi (presentation and demonstration), yakni menjabarkan  informasi produk secara detail dan membuka keterbukaan negosiasi mengenai keinginan customer. Mengatasi keberatan (overcoming objection) yakni dengan melakukan pendekatan persuasif serta melakukan negosiasi mengenai keberatan yang diajukan. Menutup penjualan (closing) ditandai dengan adanya keputusan pembelian dari customer lalu kemudian menyusun jadwal implementasi produk kepada customer. Terakhir, teknik personal selling yang digunakan yaitu tindak lanjut setelah penjualan dan perawatan (follow-up and maintenance) yakni dengan melakukan pendampingan produk selama 1 (satu) tahun dan mencari potensi untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.

Semua langkah-langkah teknik personal selling diatas, memberikan keuntungan bagi PT. Infoglobal dalam mempromosikan produknya kepada calon customer. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya tabel penjualan yang didapatkan PT. Infoglobal.

 

References

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Shimp, Terance A. (2009). Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Simanjuntak, Bungaran Antonius dan Sosrodiharjo, Soedjito. Metode Penelitian Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wood, Julia T. (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian, Edisi Ke-6. Jakarta: Salemba Humanika.

Sumber Internet:
www.infoglobal.co.id, diakses pada pukul 12.15 tanggal 6 Juli 2018.
Published
2019-04-26
How to Cite
Bimantoro, G., & Burhanuddin, R. (2019). ANALISIS STRATEGI PERSONAL SELLING MARKETING COMMUNICATION DI PT. INFOGLOBAL (CONTOH KASUS PRODUK APLIKASI PERTAHANAN MARKAS BESAR TNI ANGKATAN UDARA DI JAKARTA). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1), 43-63. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i1.158