KOMPETENSI PRAKTISI SDM MENGHADAPI ERA INDUSRI 4.0

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Industri 4.0, kompetensi, ahli bidang SDM, praktisi

Abstract

Menghadapi perkembangan era Industri 4.0  dengan karakteristiknya  meliputi digitalisasi membawa tantangan bagi dunia kerja. Tantangan tersebut harus diantisipasi oleh pihak-pihak yang ahli dibidang SDM atau praktisi SDM. Salah satu factor yang harus diperhatikan dan dikembangkan oleh para praktisi atau para pimpinan adalah ketrampilan dan kompetensi yang harus tetap secara konsisten perlu ditingkatkan sesuai kebutuhan di Industri 4.0 yang mulai berkembang pesat. Para pemimpin atau mereka yang ahli di bidang SDM harus mempertimbangkan sector sumber daya manusia karena perusahaan mencapai survival sangat ditentukan oleh kompetensi para penentu keputusan. Tulisan ini merupakan sutdi literature terhadap beberapa jurnal yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia  menghadapi industry 4.0.

Dari telaahan pada literature didapatkan bawah Para pemimpin di era digital dituntut untuk memiliki kompetensi yang mampu harus mendorong orang lain, memiliki perspektif yang berbeda, berorientasi pada masa depan, coba pendekatan baru, menjadi inovatif, bertindak berbeda, belajar dan belajar, dan memiliki empati. Selain itu seorang pemimpin di era Industri 4.0 dituntut menjadi 'pemimpin yang pendiam', yang tidak banyak bicara menyelesaikan pekerjaan, memberikan gambaran besar, memfasilitasi kegiatan orang lain, menciptakan konteks dan peluang untuk tindakan kolektif, memiliki sikap pelayanan, menginspirasi, memotivasi orang lain, dan siapa yang bergairah dengan pekerjaannya.

References

Agustian, Ary Ginanjar. (2001), Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): Berdasarkan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam, Arga Wijaya Persada, Jakarta.
Adiawaty, Susi. (2017). Pengembangan Kompetensi Calon Pemimpin Melalui Assessment Center, Forum Manajemen Indonesia.
Golemen, D (1977), Emotional Intelligence : Why It Can Matter Than IQ, Bloomsbury
Jakubik Maria, Berazhny Ivan. (2017). Rethinking Leadership and Its Practices in the Digital Era,. Management International Conference, Monastier di Treviso (Venice), Italy 24-27 May 2017.
Ketchen J., David, Eisner B., Alam; Dess, G., Gregory and Lumpkin, G.,T., (2009), Strategy, McGrawwHill, Irwin.
Stephen P. Robbins, Timothy A Judge. 2015. Organizational Behavior, 16th ed, Pearson Education.
Yunus Triyonggo, M. Syamsul Maarif, Anggraini Sukmawati, dan Lukman M. Baga. (2015). Analisis Situasional Kompetensi Praktisi Sumber Daya Manusia Di Indonesia Menghadapi MAE 2015., Jurnal Manajemen Teknologi, Vol.14 | No.1 | 2015
www.menurutparaahli.net pertanggal 15 Juli 2017
Published
2019-08-30
How to Cite
Adiawaty, S. (2019). KOMPETENSI PRAKTISI SDM MENGHADAPI ERA INDUSRI 4.0. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2), 115-120. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i2.162