FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Tiwi Herninta Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang.

Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012 sampai dengan 2016.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan mempengaruhi kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur di BEI adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan profitabilitas.

References

Faisal. (2004). Analisis Agency Cost, Struktur Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance, Simposium Nasional Akuntansi Indonesia VII.
Fidyati, Nisa. (2003). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan, Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Januari.
Halomoan, Gina, dan Chaerul D. Djakman. (2004). Pengujian Pecking Order Hypothesis pada Emiten di Bursa Efek Jakarta Tahun 1994 dan 1995, Simposium Nasionel Akuntansi.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBN SPSS 21, Semarang : Universitas Diponegoro.
Ismiyanti, Fitri, dan Hanafi, Mahmud. (2003). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Risiko Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen: Analisis Persamaan Simultan, Simposium Nasional Akuntansi VI.
Jayne Godfrey, et. Al. (2010). Accouting Theory. Australia : John Wiley and Sons.
Manurung, Mandala dan Rahardja, Pratama. (2004). Uang, Perbankan dan Ekonomi Moneter. Jakarta: Penerbit FEUI.
Masdupi, Erni. (2005). Analisis Dampak Struktur Kepemilikan pada Kebijakan Hutang dalam Mengontrol Konflik Keagenan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 20, No.1, Januari.
Munawir. (2014). Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Ketigabelas, Jogjakarta: Liberty.
Murni, Sri dan Andriana. (2007). Pengaruh Insider Ownership, Institusional Investor, Dividend Payment dan Firm Growth Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta), Jurnal Akuntansi dan Bisnis , Vol. 7, No. 1, Februari.
Nachrowi. N. D dan Usman, Hardius. (2006). Pendekatan Popular dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta : Lembaga penerbit FE UI.
Nasser, Etty M, Fielyandi Firlano. (2006). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Hutang sebagai Variabel Intervening Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi, STEI, Mei-Agustus.
Ramadhany, Aminah, Permanasari (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Emiten Pertanian di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. VI, No. 3
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sutrisno. (2009). Metode Penelitian Bisnis, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga. Yogyakarta : Penerbit Ekonisia.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Wahidahwati. (2002). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.5, No. 1, Januari.
Yeniatie, Destriana N. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Akuntansi.
Published
2019-08-30
How to Cite
Herninta, T. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2), 189-204. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i2.167