PROBLEMA ETIKA DALAM ERA BARU MANAJEMEN

  • Moh. Muslim Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Kasus etika bisnis yang belum lama ini ramai dibahas dalam berita di Tanah Air  adalah tuduhan pencemaran nama baik PT Garuda Indonesia. Sejumlah anggota Sekarga (Serikat Karyawan Garuda Indonesia) melaporkan youtuber Rius Vernandes dan Elwiyana ke Polres Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 13 Juli 2019. Cara mengkritik youtuber Rius Vernandes yang tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke pihak Garuda langsung mengekpose menu tulisan tangan kelas bisnis Garuda Indonesia yang mendasari laporan tersebut. Kasus tersebut dikhawatirkan akan menurunkan reputasi Garuda. Meskipun kasus tersebut berakhir dengan damai, tetapi tetap menyisakan persoalan dengan etika dalam bisnis. (MetroTempo, 2019; Kompas, 2019)

Masalah etika dan kepatuhan terhadap hukum merupakan salah satu pondasi yang harus diciptakan dan dimiliki oleh setiap pelaku bisnis, karena pelaksanaan bisnis yang beretika akan memberikan manfaat bagi perusahaan dan masyarakat. Demikian  juga dengan etika sebagai konsumen. Etika sangat penting dalam dunia bisnis, karena  akan berpengaruh terhadap kegiatan bisnis serta pihak-pihak pemangku kepentingan (Moh. Muslim, 2017)

References

Arijanto, Agus. (2014). Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis, Cara Cerdas dalam memahami Konsep dan Faktor-faktor Etika Bisnis dengan Beberapa Contoh Praktis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chuch, William. (2001). Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Daft, Richard L. (2010). Era Baru Manajemen, terj. Tita Maria Kanita. Jakarta: Salemba Empat.
Handoko, T. Hani ; Indarti, Nurul ; Almahendra, Rangga. (2012). Manajemen dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Erlangga.
Juhaya S. Praja, Aliran_Aliran Filsafat dan Etika, Jakarta, penerbit Kencana, 2005.
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. (2010). Manajemen, terj. Bob Sabran & Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga.
Shomali, Mohammad A. (2001). Relativisme Etika, Analisis Prinsip-Prinsip Moralitas, Jakarta: Serambi.
Stoner, James A. F. ; Freeman, R. Edward ; Gilbert, Daniel R. (1996). Manajemen, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Suseno, Franz Magnis. (1998). 13 Model Pendekatan Etika, bunga rampai teks-teks etika dari Plato sampai dengan Nietzsche. Jakarta: Kanisius.
Zubair, Achmad Charris. (1995). Kuliah Etika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sumber Webiste/online:
https://metro.tempo.co/read/1225986/sekarga-sesalkan-kritik-youtuber-rius-vernandes-kami-hancur
https://www.liputan6.com/news/read/4015321/4-hal-kasus-rius-vernandes-yang-dipanggil-karena-menu-garuda-viral?
Moh. Muslim, Urgensi Etika Bisnis dalam Dunia Global, dalam Jurnal Esensi, https://ibn.e-journal.id/index.php/ESENSI/article/view/44/37,
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etika
https://khoyunitapublish.wordpress.com
Published
2019-08-30
How to Cite
Muslim, M. (2019). PROBLEMA ETIKA DALAM ERA BARU MANAJEMEN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2), 205-214. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i2.168