PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Evy Roslita Institut Bisnis Nusantara
  • Arsyad Daud Institut Bisnis Nusantara
Keywords: kepemilikan manajerial, porfitabilitas, leverage, manajemen laba, kualitas audit

Abstract

Kepemilikan manajerial, porfitabilitas, leverage yang diproksikan dengan DER, Pajak Tangguhan yang diproksikan dengan deferred tax expense terbukti berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Keberadaan kualitas audit sebagai faktor moderasi dapat mempengaruhi hubungan antara kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. Dimana perusahaan yang di audit oleh KAP Big Four cenderung akan mengurangi motivasi manajer dalam melakukan praktik manajemen laba, karena manajer akan berusaha menginformasikan nilai sebenarnya pada laporan keuangan yang akan diaudit oleh KAP Big Four.

References

Antonia, Edgina. (2008). Analisis Pengaruh Reputasi Auditor, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Proporsi Komite Audit Independen terhadap Manajemen Laba. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Assih, Prihat ; Hastuti, Ambar Woro dan Parawiyati, Parawiyati. (2005). Pengaruh Manajemen Laba pada Nilai dan Kinerja Perusahaan. Malang: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.
Faisal, Pajar. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Perusahaan dan Ukuran Dewan Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Fitriyani, Dewi et all. (2008). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Kinerja Perusahaan dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi. Jambi: Jurnal Dinamika Akuntansi
Gumanti, Tatang Ary. (2000). Earning Management : Suatu Telaah Pustaka. Jember: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.
Kasmir. (2016). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Raja grafindo persada.
Kusumayani, April dan Sitinjak, Tumpal J.R. (2012). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Ukuran Kap Terhadap Kualitas Laba Dengan Earning Management Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2006-2010. Jakarta: Jurnal Akuntansi Vol.1 No.2.
Nachrowi, Nachrowi D. dan Usman, Hardius. (2006). Pendekatan Populer dan Praktis: Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Depok: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Permanasari, Wien Ika. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
Prastowo D., Dwi. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Priyatno, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Komputer.
Purwandari, Indri Wahyu. (2011). Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Praktek Manajemen Laba, Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Raharjo, Eko. (2007). Teori Agensi dan Teori Stewarship dalam Perspektif Akuntansi. Semarang: Jurnal Ilmiah Ekonomi.
Rahmawati dan Nugroho, Wawan Sadtyo. (2006). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Di Bursa Efek Indonesia. Surakarta: Jurnal Akuntansi.
Sosiawan, Santhi Yuliana. (2012). Pengaruh Kompensasi, Leverage, Ukuran Perusahaan, Earnings Power terhadap Manajemen Laba. Jakarta: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Vol.8.
Sugiyono. (2006). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung. CV. Alfabeta
Tundjung, Ghafara Mawaridi Mazini. (2015). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Utari, Dewi dan Widiastuti, Ni Putu Eka. (2013). Analisis Hubungan Beban Pajak Tangguhan dengan Manajemen Laba. Jakarta: Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UPN “Veteran”.
Wijayanti, Sri. (2015). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Persistensi Laba dan Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Yusliana. (2016). Pengaruh Konservatisme, Kontrak Hutang dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan yang terdaftar di BEI. Skripsi. Batam: Universitas Internasional Batam.
Zarkasyi dan Wahyudin. (2008). Good Corporate Governance pada badan usaha manufaktur, perbankan, dan jasa keuangan lainnya. Bandung: CV. ALFABETA.
Published
2019-08-30
How to Cite
Roslita, E., & Daud, A. (2019). PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2), 215-236. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i2.169