FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Tiwi Herninta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari profitabilitas, leverage, kebijakan dividen, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013 sampai dengan 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI adalah profitabilitas (ROE), leverage (DER), kebijakan dividen (DPR), dan Ukuran perusahaan (Ln Asset)

References

Arief Sugiono dan Edi Untung, Analisa Laporan Keuangan, PT Grasindo, 2016.
Agus Sartono, Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi, Edisi empat, Yogyakarta, BPFE, 2014.
Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013.
Hamdani, Good Corporate Governance: Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis, Penerbit Mitra Wacana Media, 2016.
Irfan Fahmi, Analisis Laporan Keuangan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sunariyah, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Keempat, Yogyakarta : UPP AMP YKPN, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2014.
Roosiana Ayu Indah Sari , Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan , Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016
Meidha Rafika, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 11, November 2017
Sujoko dan U. Soebiantoro, Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 9 No. 1, 2007
Dewa Kadek Oka Kusumajaya, Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Universitas Udayana, 2011
Sri Hermuningsih, Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening, Jurnal Siasat Bisnis, Vol 16 No. 2, 2013
Novi Rehulina Sitepu dan C. Handoyo Wibisono, Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta,2014
Yangs Analisa, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi, Universitas Diponegoro, 2011.
I Gusti Ngurah Gede Rudangga dan Gede Merta Sudiarta, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016.
I Nyoman Agus Suwardika dan I Ketut Mustanda, Pengaruh Leverage,
Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 6, No, 3, 2017 :1248-1277, ISSN : 2302-8912
Nugraha Dharma dan Putu Vivi Lestari, Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5 No.7, 2016: 4394-4422, ISSN : 2302-8912.
Dani Gustian, Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi, Universitas Negeri Padang, 2017
Mawar Sharon R. Pantow, Sri Murni, Irvan Trang , Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang
ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 22 No. 3 / 2019
Tiwi Herninta: “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur...” 336
Tercatat di Indeks LQ 45, Jurnal EMBA Vol.3 No. 1 Maret 2015, Hal 961-971, ISSN 2303-1174.
Eli Safrida, Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI, Universitas Sumatera Utara, 2008.
I Gusti Bagus Angga Pratama dan I Gusti Bagus Wicaksana, Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 5, No.2, 2016 :1338-1367, ISSN: 2302-8912.
Published
2019-12-27
How to Cite
Herninta, T. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(3), 325-336. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i3.175