PENGARUH JKT48 SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEAT
Abstract
Pada era globalisasi ini perdagangan bebas menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin kreatif dalam menjalankan kegiatan usahanya Agar produk yang ditawarkan pemasar melalui media iklan memiliki daya tarik bagi calon konsumen, maka diperlukan dukungan dari bintang iklan (celebrity endorser). Citra merek merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Harga merupakan salah satu variabel pemasaran yang perlu diperhatikan oleh manajemen perusahaan, karena harga akan langsung mempengaruhi besarnya volume penjualan dan laba yang dicapai oleh perusahaan. Strategi promosi menggabungkan periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas menjadi suatu program terpadu untuk berkomunikasi dengan pembeli dan orang lain yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian didapat variabel Celebrity Endorser, Citra Merek, Harga Dan Promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat
References
[2] David A. Aaker, Managing Brand Equity Capitalizing On The Value Of A Brand Name. The Free Press, New York, 1991.
[3] William J Stanton, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga, 1989
[4] Philip Kotler & Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran (Principle of Marketing 7e), Jilid 1 Edisi Bahasa Indonesia, Prehallindo, Jakarta, 2012.
[5] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Buku 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009.
[6] Philip Kotler dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Penerbit PT Prenhallindo, Jakarta, 1997.
[6] Danang Sunyoto, Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Penerbit CAPS (Center For Academic Publishing Service) Tahun 2012
[7] Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2, CV ANDI OFFSET, Yogyakarta, 2007. [8] Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. , Consumer Behavior. Fifth Edition,. Prentice-Hall Inc, 2010
[9] Darmadi Durianto, Sugiarto dan Lie Joko Budiman, Brand Equity Ten,
PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
[10] Firda Ridhania, Pengaruh Citra Merek Terhadap Gaya Keputusan Konsumen Pada Produk Starbucks, Vol 1, No 1, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2012.
[11] Valentine Parengkuan, Altje Tumbel, Rudy Wenas, Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado, 2014
[12] Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala Sukma, I Ketut Nurcahya, Alit Suryani, Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore, Bali, 2016
[13] Dita Amanah, Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza, Jalan Aksara, Medan, 2019
[14] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV Alfabeta, Bandung, 2014.
[15] Joseph F. Hair, William C. Black, Barry J. Babin, dan Rolph E. Anderson. Multivariate Data Analysis, 7 edn. UpperSaddler River, New Jersey, Prentive Hall, 2010
[16] Darmadi Durianto, Strategi Memimpin Pasar, Gramedia Pustaka, Jakarta, 2004.
[17] Duwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, Cetakan Ketiga, PT. Buku Kita, Jakarta,2009.