PERBANDINGAN TANGGAPAN ANTARA KONSUMEN PRIA DAN WANITA ATAS BAURAN PEMASARAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE

  • Novan Yurindera Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Bauran Pemasaran Jasa, Sex-Role Identitity, Ojek Online, uji beda independen t-Test

Abstract

Semakin banyaknya ojek online bermunculan maka semakin ketat pula persaingannya. Hal ini juga membuat konsumen semakin selektif dalam menggunakan jasa transportasi beroda dua yang berbasis aplikasi. Setiap konsumen merupakan pribadi yang unik dan spesifik, masing-masing konsumen memiliki sudut padang yang berbeda terhadap suatu produk ataupun merek. Sudut pandang tersebut dapat berasal dari perbedaan jenis kelamin atau gender antara pria dan wanita. Penelitian ini menggunakan metode komparatif, yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda. Populasi adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa transportasi ojek online di wilayah Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling insidental. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji Reliabilitas dan uji beda independen t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan antara Pria dan Wanita berbeda pada elemen product, price, people dan process, sedangkan tanggapan antara Pria dan Wanita untuk elemen place, promotion dan physical evidence dianggap sama.

References

Bem, S.L. (1981) Bem Sex-Role Inventory. Consulting Psychological Press
Bernard T. Widjaja (2009) Lifestyle Marketing. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Bond, M.H. (1996) The Handbook Of Chinese Psychology. Oxford University Press, Hong Kong
Danang Sunyoto (2014) Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Penerbit Center Of Academic Publishing Service, Yogyakarta
Davidson, D.J. dan Freudenburg, W.R. (1996) Gender and Environmental Risk Concerns: A Review and Analysis of Available Research. Environment and Behavior, Vol. 28 No. 3 pp. 302-39
Heilburn, G. (1982) Toward a Recognition of Androgyny. WW Norton, New York
Hochschild, A.R. (1989) The Second Shift: Working Parents and The Revolution at Home. Viking, New York
Imam Ghozali (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdan (2006) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti Aksa (2011) Teori Dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Ghalia, Bogor
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung
Suharsimi Arikunto (1998) Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Solomon, M.R. (2011) Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education Inc., New Jersey
Zelezny, L., Chua, P. dan Alrich, C. (2000), Elaborating on Gender Differences in Environmentalism. Journal of Social Issues, Vol. 56 No. 3 pp 443-57
Published
2019-12-27
How to Cite
Yurindera, N. (2019). PERBANDINGAN TANGGAPAN ANTARA KONSUMEN PRIA DAN WANITA ATAS BAURAN PEMASARAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(3), 348-356. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i3.180