Analisis Tingkat Kualitas Layanan SMK Muhammadiyah 01 Bekasi ditinjau dari Harapan dan Kenyataan Siswa-Siswi

  • Novan Yurindera Institut Bisnis Nusantara
  • Dadan Irfana
Keywords: Tingkat Kualitas Layanan, Harapan dan Kenyataan, ServQual

Abstract

Persaingan yang terjadi dalam dunia pendidikan dewasa ini menuntut para pelaku penyedia jasa pendidikan untuk selalu memperhatikan pelayanan terhadap konsumen mereka.
Salah satu pelaku penyedia jasa pendidikan adalah sebuah sekolah kejuruan di kawasan Bekasi yakni SMK Muhammadiyah 01 Bekasi yang berusaha meningkatkan pelayanannya. Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan sekolah tersebut dapat mengetahui tingkat pelayanan yang telah diberikan selama ini, dan dengan hasil penelitian dapat dijadikan landasan untuk strategi pengembangan di masa depan.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 100 orang siswa yang kemudian diolah dengan bantuan software SPSS, dan menggunakan teori mengenai ServQual didapatkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa pelayanan SMK Muhammadiyah 01 Bekasi tidak baik atau tidak memuaskan bagi para siswanya.

References

[1] Philip Kotler, Manajemen pemasaran, Alih Bahasa oleh Bunyamin Molan, Jilid 1, Penerbit Index Kelompok Gramedia, Jakarta, 2005
[2] Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001
[3] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009
[4] H. Buchari Alma, Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan, Cetakan Kedua, PT Alfa beta, Bandung
[5] Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service Quality & Satisfaction, Edisi 3, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2011
[6] Handi Irawan, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Cetakan Kelima, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004
[7] Richard F. Gerson, Mengukur Kepuasan Konsumen, Seri Panduan Praktis, Cetakan 3, PPM, 2004
[8] A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, PT Refka Aditama, 2002
[9] Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2003
[10] Drs. Danang Sunyoto, Metodologi Penelitian Ekonomi, Penerbit CAPS, Yogyakarta, 2011
Published
2010-12-17
How to Cite
Yurindera, N., & Irfana, D. (2010). Analisis Tingkat Kualitas Layanan SMK Muhammadiyah 01 Bekasi ditinjau dari Harapan dan Kenyataan Siswa-Siswi. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 13(3), 47-61. https://doi.org/10.55886/esensi.v13i3.183