PERSEPSI MAHASISWA S1 AKUNTANSI TENTANGPENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)

(Studi Kasus Mahasiswa Program S1 Akuntansi IBN)

  • Albertus Karjono Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Penelitian ini mengenai persepsi mahasiswa S1 Akuntansi Institut Bisnis Nusantara tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa S1 Akuntansi terhadap PPAk. Disamping itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi tentang PPAk yang disebabkan perbedaan informasi, antara mahasiswa tahun angkatan 2008, 2009,dan 2010. Responden pada penelitian untuk sampel sebanyak 108 orang dari populasi mahasiswa S1 Akuntansi angkatan tersebut sebanyak 123 mahasiswa.
Responden terdiri atas mahasiswa angkatan 2008 sebanyak 17 orang, mahasiswa angkatan 2009 sebanyak 49 orang, dan mahasiswa angkatan 2010 sebanyak 42 orang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan November 2010. Data-data yang terkumpul terlebih dahulu di uji validitas (moment Pearson) dan reliabilitas (Alpha Cronbach). Dalam uji hipotesis pertama digunakan Uji T, sedangkan untuk uji hipotesa kedua digunakan indeks yang dikembangkan oleh Cronin dan Taylor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi S1 telah memiliki persepsi positif terhadap PPAk dan tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa angkatan 2008, 2009, maupun 2010 mengenai PPAk. Semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan program PPAk di Institut Bisnis Nusantara mengingat bahwa responden adalah calon pengguna program tersebut.

References

Abdullah, 2002, Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Profesi Akuntansi terhadap Profesi Akuntan Publik: Sebuah Studi Empiris, Journal Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi Vol 2 No 1 April 2002, Jakarta
Anonim, 2002, Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan, IAI, Jakarta.
Cooper, Donald R dan C.W. Emory, 1998, Metodologi Penelitian Bisnis, Widyono S, Uka W, Erlangga, Jakarta.
Djarwanto Ps dan Pangestu S, 2000, Statistik Induktif , Edisi keempat, Cetakan Kelima, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Icuk Rangga Bawono, dkk. Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Tentang PPAk. Di akses dari Internet.
Idrus, 2003, Deskripsi dan Eksistensi Pendidikan Profesi Akuntan ditinjau dari Joel G. Siegel dan Jae K Shim, 1999, Kamus Istilah Akuntansi, Cetakan Ketiga, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Penerbit Andi, Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS. Andi Offset Yogyakarta
Rahayu, Wahyudi, 2003, IAI : Implikasi dari Era Globalisasi terhadap Pendidikan Akuntan dan Prospek Kerja, Makalah dalam Seminar “Perspektif Pendidikan
Sugiarto, dkk. 2001, Teknik Sampling, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Buku dan Software SPSS seri 16
Published
2010-12-24
How to Cite
Karjono, A. (2010). PERSEPSI MAHASISWA S1 AKUNTANSI TENTANGPENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 13(3), 82-96. https://doi.org/10.55886/esensi.v13i3.189