MENGOPTIMALKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEWUJDUKAN KEEFEKTIFAN SEKOLAH DI SMA CAHAYA SAKTI

  • Salman Habeahaan Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Keefektifan sekolah ikut ditentukan oleh partisipasi masyarakat yang diwakili oleh Komite Sekolah. Kedudukan masyarakat memiliki peran yang tinggi dalam proses pendidikan. Pemberdayaan pemerintah daerah dan peran masyarakat merupakan tuntutan reformasi yang mewujudkan paradigma baru dalam pengelolaan manajemen sekolah. Kewenangan sekolah memungkinkan pula terjadinya peningkatan kompleksitas organisasi sekolah sehingga perlu adanya komite sekolah. Eksistensi komite sekolah merupakan pengontrol peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang menunjukkan bahwa masyarakat memiliki partisipasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan sekolah.
Sekolah efektif adalah sekolah yang menunjukkan kesesuaian antara hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan. Oleh sebab itu penyelenggarasekolah harus bersifat efisien dan efektif. Efisien dalam menggunakan semua sumber dayanya secara masksimal terutama di dalam rasio masukan, proses dan keluaran sesuai dengan rencana. Efektif harus tepat dalam melakukan pekerjaan sehingga tujuan dapat tercapai. Dikatakan Mullins, organisasi harus efektif dalam melakukan hal-hal yang tapat dan keluarannya harus berhubungan dengan suatu tujuan yang spesifik dengan tugas-tugas yang objektif.

References

Atmodiwiro, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Ardadizya Jaya, 2000.
Ali, Mohammad dkk. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogian Press, 2007.
Bus, Tony dan Marianne Coleman. Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Incrisod, 2006.
Depdiknas R.I. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003.
Depdiknas R.I. Kebijakan dan Pedoman Akreditasi Sekolah. Jakarta: Badan Akreditasi Sekolah Nasional, 2004.
Depdiknas R.I. Panduan Pengelolaan Sekolah Dasa. Jakarta: Proyek Peningkatan Manajemen TK/SD, 2003.
Djaali, Puji Mulyono dan Ramly. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: UNJ, 2002.
Mullins, J. Laurie. Management and Organizational Behavior, Sevent Edition. London: PT. Printice Hall, 2005.
Mulyasa. E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, STrategi dan Implementasi. Bandung: PT. Rosdakarya, 2002.
Roynolds, David. School Efectiveness Researrch: Its Masages for School Improvement. University of Wales College of Cardiff, 1992.
Suharsimi, Arikunto, dkk. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Towsend, Tony. Effective Schooling for the Community: Core –plus education. New York, 1994.
Published
2011-04-22
How to Cite
Habeahaan, S. (2011). MENGOPTIMALKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEWUJDUKAN KEEFEKTIFAN SEKOLAH DI SMA CAHAYA SAKTI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 27-39. https://doi.org/10.55886/esensi.v14i1.191