PENGARUH BENTUK PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BAGI PENGGUNA MEMBER BIRU INDOGROSIR DI JAKARTA

  • Maasyithah Hutagalung Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Pemasaran produk berupa barang dan jasa membutuhkan suatu bentuk promosi yang tepat dalam mencapai tujuan pemasaran berupa pembelian. Promosi memiliki beberapa jenis kegiatan dalam memasarkan produk. Salah satu kegiatan dalam promosi adalah promosi penjualan atau sales promotion. Bentuk promosi penjualan yang terdiri dari sampel, kupon, kemasan harga (potongan harga), premi, program frekuensi, dan promosi silang diupayakan untuk mencapai pembelian jangka panjang karena adanya kepuasan pelanggan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bentuk promosi penjualan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

References

[1] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 3 Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2009.
[2] Ali Hasan, Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan, Center For Academic Publishing Service, Yogyakarta, 2013.
[3] http://manado.tribunnews.com/2016/02/05/sejak-pagi-pedagang-kecil-serbu-indogrosir-paniki-manado.
[4] http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/03/1238229/Nih. Konsep.Kepemimpinan.Ala.CEO.Mercedes-Benz.Indonesia.
[5] Hendy Irawan, et.all., Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2008.
[6] Sandra Moriarty, et.all, Advertising & IMC Principles and Practice Ninth Edition, Pearson, London, 2012.
[7] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2009.
[8] Kuswadi, Cara Mengukur Kepuasan Karyawan, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2014.
[9] Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenadamedia Grup, 2014.
Published
2018-09-10
How to Cite
Hutagalung, M. (2018). PENGARUH BENTUK PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BAGI PENGGUNA MEMBER BIRU INDOGROSIR DI JAKARTA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(1), 64-76. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i1.20