PROGRAM BERBAYAR ADVERTORIAL PT SIDOMUNCUL PADA MEDIA TELEVISI STUDI KASUS INFO NIAGA INDOSIAR

  • Helmi Azahari Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Periklanan, Info Niaga, PT.Sidomuncul, Indosiar

Abstract

Berkembangnya industri penyiaran televisi di Indonesia membuat media yang dapat digunakan untuk promosi suatu produk/perusahaan semakin beragam. Pilihan media untuk promosi tidak saja terbatas pada media cetak berupa surat kabar, majalah dan tabloid, serta media elektronik radio saja, tetapi juga dapat menggunakan media elektonik televisi. Media televisi menjadi pilihan utama perusahaan untuk mempromosikan produknya. Belanja iklan di media televisi selalu terbesar dibandingkan media-media lainnya.

Namun, hasil survei Edelmen Asia Pacific Trust Barometer 2011 menunjukkan, sumber informasi korporat yang paling dipercaya publik bukan iklan, melainkan pemberitaan di televisi dan majalah, diikuti surat kabar dan radio. Hal ini memunculkan ide perusahaan memanfaatkan pemberitaan di televisi sebagai media promosi, yaitu melalui program berbayar advertorial. Advertorial merupakan salah satu bentuk iklan yang dikemas dengan cara penulisan berita.

References

[1] Agus S Madjadikara, Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
[2] Jacob Oetama, Pers Indonesia Berkomunikasi dalam masyarakat tidak tulus, PT Kompas Media Nusantara, Jakarta, 2001.
[3] Agus Sudibyo, Ekonomi Politik Media Penyiaran, LKIS, Yogyakarta, 2004.
[4] http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2018/Pertumbuhan-Belanja-Iklan-2017-Bergerak-Positif-Namun-Melambat.html. Diakses dan diunduh 6 Agustus 2018.
[5] Ade Armando, Televisi Jakarta Di Atas Indonesia, Bentang, Yogyakarta, 2011.
[6] Fred Wibowo, Teknik Produksi Program Televisi, Pinus Book Publisher Yogyakarta, 2009.
[7] Terence A Shimp, Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi. Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Erlangga, Jakarta, 2003.
[8] Freddy Rangkuti, Creating Effective Marketing Plan, Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001
[9] Onong Uhcjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.
[10] Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik, Seputar Organisasi, Produk & Kode Etik, Nuansa, Bandung, 2010.
[11] Machfoedz, Mahmud, “Komunikasi Pemasaran Modern”, Cetakan Pertama, Cakra Ilmu, Yogyakarta, 2010.
[12] Philip T Kotler & Kevin Lane Keller, Marketing Management, 12th Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2006.
[13] Jhon Kennedy & RD Soemanagara, Marketing Communication: Taktik & Strategi, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2006.
[14] Morissan, Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Prenada Jakarta, 2010.
[15] Don E Schultz, Stanley I Tannenbaum, Robert F Lauterborn, Integrated Marketing Communications: Putting It Together & Making It Work, McGraw Hill Professional, New York, 1993.
[16] https://www.romelteamedia.com/2014/08/survei-nielsen-televisi-media-terpopuler-indonesia.html. Diakses dan diunduh tanggal 4 Agustus 2008.
[17] Rachmat Kriyantono, Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat, Prenadamedia Group, Jakarta, 2008.
[18] Achmad Santoso Sastropoetro, Partisipasi, komunikasi, persuasi dan disiplin dalam pembangunan nasional, Alumni, Bandung, 1986.
[19] Onong Uchjana Effendy, Human Relations & Public Relations, CV. Mandar Maju, Bandung, 2009.
[20] Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing, PT Rosdakarya, Bandung, 2006.
[21] Belch, G.E. & Belch, M.A., 2003, Advertising and Promotion, 6th Edition, New York, The McGraw-Hill Company.
[22] Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.
Published
2018-09-14
How to Cite
Azahari, H. (2018). PROGRAM BERBAYAR ADVERTORIAL PT SIDOMUNCUL PADA MEDIA TELEVISI STUDI KASUS INFO NIAGA INDOSIAR. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(1), 77-91. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i1.24