SALES PROMOTION ‘SOLUSI TEPAT DALAM GENGGAMAN’ DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PAKET KREDIT MOBIL PILIHAN BCA FINANCE-GARASI.ID OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. BCA FINANCE CABANG WISMA PONDOK INDAH

  • Maasyithah Hutagalung Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Sales Promotion, Brand Awareness, Marketing Communication, Promotion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ yang dilakukan oleh marketing communication PT. BCA Finance Cabang Pondok Indah dalam menciptakan brand awareness Paket Kredit Mobil Pilihan BCA Finance-Garasi.id. Komponen-komponen sales promotion yang dianalisis dan digunakan adalah kupon, sampel, dan hadiah dalam menciptakan brand awareness produk dari sisi recall, recognition, purchase, dan consumption. Sales promotion yang dilakukan disebut sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ yang menarik untuk diteliti dan dianalisis karena sales promotion ini berupaya memberikan solusi untuk kebutuhan layanan kredit mobil bagi konsumen, memberikan informasi, simulasi, dan keuntungan-keuntungan bagi konsumen yang ingin memiliki mobil bekas dengan pembayaran cicilan, termasuk layanan perpanjangan STNK dan reservasi pengambilan BPKB selayaknya memberikan ‘Solusi Tepat dalam Genggaman. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan fenomena dari aktivitas marketing communication PT. BCA Finance melalui sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ dalam menciptakan brand awareness paket Kredit Mobil Pilihan BCA Finance-Garasi.id. Data-data penelitian diperoleh dan dikumpulkan melalui metode dokumentasi, observasi, wawancara mendalam/depth interview, studi pustaka. Analisis matriks variabel digunakan karena analisis ini mengakomodir penjelasan mengenai hubungan di antara dua variabel konsep, yaitu sales promotion dan product image. Penelitian ini menemukan bahwa sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ melalui pemberian kupon sebesar Rp 1.500.00 untuk cek mobil, cek mesin, dang anti oli dapat menciptakan brand awareness Kredit Mobil Pilihan BCA Finance-Garasi.id secara lebih maksimal. Selain itu sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ mampu menarik perhatian masyarakat untuk mengambil paket karena sales promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ memberi kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas dan keuntungan-keuntungan dalam satu paket. Namun upaya peningkatan tetap dibutuhkan dengan memaksimalkan promosi paket melalui bentuk-bentuk sales promotion lainnya seperti: hadiah langganan, dan pajangan dan demonstrasi di tempat pembelian atau point of purchase (POP), dan menciptakan, mengusung, dan menerapkan tema-tema lain untuk sales promotion yang memberikan kemudahan, fasilitas, dan keuntungan dalam satu paket.

References

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Marketing Management, 15th, New Jersey, 2016

Fandy Tjiptono dalam Budi, Strategi Pemasaran, Yogyakarta 2015

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip- Prinsip Manajemen, Edisi 14, Jakarta, 2014

Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Prenada Media, 2014

Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Salemba Humanika, Jakarta, 2011

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2014

Antonius Bungaran Simanjuntak, Metode Penelitian Sosial, Yayasan Pustaka Obor, Jakarta, 2014

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-08-27
How to Cite
Hutagalung, M. (2021). SALES PROMOTION ‘SOLUSI TEPAT DALAM GENGGAMAN’ DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PAKET KREDIT MOBIL PILIHAN BCA FINANCE-GARASI.ID OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. BCA FINANCE CABANG WISMA PONDOK INDAH. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(2), 220-237. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i2.246