PENGARUH CELEBRITY ENDORSER ABEL CANTIKA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE SITUS BELANJA ONLINE LAZADA BAGI AKUN FANSBASE TEAMNYOY

  • Radyta Achmad Burhanuddin Institut Bisnis Nusantara
  • Made Ayu Dresty Vialine Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Celebrity Endorser Abel Cantika melalui Media Sosial Instagram terhadap Brand Image situs belanja online Lazada Bagi Akun Fansbase TEAMNYOY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Celebrity Endorser Abel Cantika melalui media sosial instagram terhadap Brand Image situs belanja online Lazada Bagi Akun Fansbase TEAMNYOY.

Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah melalui pendekatan kuantitatif. populasi dan sampel penelitian ini merupakan akun fansbase Abel Cantika di media sosial instagram yaitu TEAMNYOY yang aktif untuk mengupdate foto-foto kegiatan antara fans dan Abel Cantika. Sampel yang diambil adalah 209 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis teknik Cluster Sampling Simpel. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan kuesioner sebanyak 53 pernyataan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara pengolahan data menggunakan Software IBM Statistics Versi 23.0. Analisis hasil pengolahan data berupa analisis survei eksplanatif.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya hasil pengaruh celebrity endorser Abel Cantika melalui media sosial instagram terhadap brand image situs belanja online Lazada bagi akun fansbase TEAMNYOY. Dengan tingkat korelasi sebesar 46,8% termasuk dalam kategori sedang atau cukup.

Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah agar Lazada lebih aktif dalam bermedia sosial instagram saat celebrity endorser nya memposting promosi mengenai Lazada untuk mengupdate ulang di laman media sosial instagram Lazada. Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya ketertarikan pengguna Lazada akan informasi yang diterima oleh celebrity endorsernya.

References

Yudho Yudhant, Information Technology Bussiness, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2019

Lili Suryati, Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Deepublish, Yogyakarta, 2015

Miguna Astuti & Agni Rizkita Amanda, Pengantar Manajemen Pemasaran, Deepublish Publisher, 2020

Irene Silviani, Komunikasi Organisasi, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya, 2020

Alo Liliweri, Komunikasi: Serba Ada Serba Makna, Kencana, Jakarta, 2011

Dhifa Nabila dkk, Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0, Intrans Publishing Group, Malang, 2020

Ratu Mutiaela Caropeboka, Konsep Dan Aplikasi Ilmu Komunikasi, Penerbit Anggota IKAPI, Yogyakarta, 2017

Alo Liliweri, Komunikasi Antar Personal, Prenada Media, Jakarta, 2017

Lahyanto Nadie, Media Massa dan Pasar Modal, Media Center, Jakarta, 2018

Morrisan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kencana, Jakarta, 2015

Nike Cholifah Suharyono Kadarisman Hidayat, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang), Universitas Brawijaya, Malang, 2016

M. Anang Firmansyah, Pemasaran Produk dan Merek, Qiara Media, Jawa Timur, 2019

Tezza, Insta Style: Curate Your Life, Create Stunning Photos, Elevate Your Instagram Influence, DK Publishing, United States, 2018

Jubile Enterprise, Instagram Untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012

Gita Atiko, Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Jakarta, 2016

Fahri Nur Taufik Ash-shiddieq, Pengaruh Celebrity Endorser Valentino Rossi Terhadao Brand Image Sepeda Motor Yamaha, TELKOM Universitas, Bandung, 2014

Nur Amalia, Sri Nuringwahyu & Dadang Krisdianto, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Wardah, Universitas Islam Malang, Malang, 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Afab eta, Bandung, 2014

Yusuf A. Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama, Kencana, Jakarta, 2014

Sandu Siyoto & Muhammad Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta, 2015

Rachmat Kriyantono, Teknik Praktisi Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2014

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif, Prenadamedia Group, Jakarta, 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2012

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7, Universitas Diponegoro, Semarang, 2013

Duwi Priyanto, Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS Cetakan 1, Gava Media, Yogyakarta. 2013

Nawawi H, Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kantitatif, PT. Indeks, Jakarta, 2012

Arikunto & Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2013

Sudaryono, Metodologi Penelitan, PT. Raja Grafindo Persada, Depok. 2018

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2014

www.InstagramTEAMNYOY.com “Jumlah Pengikut TEAMNYOY Di Media Sosial Instagram” https://www.instagram.com/teamnyoy/ di akses tahun 2020

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-08-27
How to Cite
Burhanuddin, R., & Vialine, M. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER ABEL CANTIKA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE SITUS BELANJA ONLINE LAZADA BAGI AKUN FANSBASE TEAMNYOY. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(2), 247-264. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i2.248