PENGARUH EFEKTIVITAS E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI INSTITUT BISNIS NUSANTARA

  • Novan Yurindera Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Efektivitas e-learning, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa, Structural Equation Modelling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas e-learning terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa pada Institut Bisnis Nusantara.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif. Pada penelitian ini jumlah responden yang diambil sebanyak 120 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini akan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sedangkan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak smartPLS.

Penelitian menunjukkan hasil bahwa Efektivitas e-learning berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Kepuasan Mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Efektivitas e-learning secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, namun Efektivitas e-learning secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa pada Institut Bisnis Nusantara.

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Tanya Jawab”, https://www.covid19.go.id/tanya-jawab/, diakses 25 Maret 2020

Kompas.com, “UPDATE: Tambah 105 Pasien, Kini Ada 790 Kasus Covid-19 di Indonesia", https://nasional.kompas.com/read/2020/03/25/15565841/update-tambah-105-pasien-kini-ada-790-kasus-covid-19-di-indonesia, diakses 25 Maret 2020

Kompas.com, "Selain Belajar Daring, Kemendikbud Minta Kampus Tunda Wisuda", https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/16/104025971/selain-belajar-daring-kemendikbud-minta-kampus-tunda-wisuda, diakses 25 Maret 2020

Liputan6.com, “Antisipasi Covid-19, Dikti Minta Kampus Selenggarakan Kuliah Jarak Jauh”, https://www.liputan6.com/news/read/4201640/antisipasi-covid-19-dikti-minta-kampus-selenggarakan-kuliah-jarak-jauh, diakses 25 Maret 2020

Jackson, M.M., & Songer, N.B. “Student Motivation and Internet Technology: Are Students Empowered to Learn Science?”, Journal Research in Science Teaching, 2000, 37(5): 459-479

Effendy, “Dinamika Komunikasi” PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000

DeShields OW Jr, Kara A, Kaynak E.. “Determinants of business student satisfaction and retention in higher education: applying Herzberg’s two-factor theory”. International Journal of Educational Management, 2005, 19(2): 128-139

Mohamad M. dan Awang Z.. “Building corporate image and securing student loyalty in the Malaysian Higher Learning Industry”. The Journal of International Management Studies, 2009, 4(1):30-39.

Suparman A. dan Zuhairi A., “Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek, (Ed.2)”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2004

Keegan D, “Theoretical Principles Of Distance Education”, Routledge, London, 1993

Djoko Rahardjo, Sri Suharmini, Majidah, “Kajian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Program Studi D2 Perpustakaan”, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 19, Nomor 2, September 2018, 99-118

West Richard dan Lynn H. Turner. “Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer”. Jakarta: Salemba Humanika, 2008

Nurudin. “Pengantar Komunikasi Massa”. Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada. 2007

Syaiful Rohim. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2009

Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaran”. Jakarta: Gramedia. 2007

Mowen, John C. & Minor, Michael. “Perilaku Konsumen. Terjemahan: Lima Salim”, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. 2006

Srinadi dan Nilakusmawati. “Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIP, Universitas Udayana)” Jurnal Cakrawala Pendidikan. November. Th. XXVII. 2008

Popi Sopiatin. “Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa”. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010

Fandy Tjiptono, “Manajemen Jasa”. Yogyakarta: Andi Offset. 2002

Sri Endah Wahyuningsih, “Tingkat Loyalitas Mahasiswa Atas Jasa Pendidikan Di Perguruan Tinggi”, Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No. 2, Desember 2007, 131-137

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”, Bandung: CV. Alfabeta, 2016

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, “Pengantar Statistika”, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)” (Bandung: CV. Alfabeta, 2015

Imam Ghozali, “Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS).Edisi 4.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2014

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2006

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-12-17
How to Cite
Yurindera, N. (2021). PENGARUH EFEKTIVITAS E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI INSTITUT BISNIS NUSANTARA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 377-390. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.415