PENGARUH EFEKTIVITAS E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI INSTITUT BISNIS NUSANTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas e-learning terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa pada Institut Bisnis Nusantara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian asosiatif. Pada penelitian ini jumlah responden yang diambil sebanyak 120 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini akan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sedangkan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak smartPLS.
Penelitian menunjukkan hasil bahwa Efektivitas e-learning berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Kepuasan Mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa. Efektivitas e-learning secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, namun Efektivitas e-learning secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa pada Institut Bisnis Nusantara.
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Tanya Jawab”, https://www.covid19.go.id/tanya-jawab/, diakses 25 Maret 2020
Kompas.com, “UPDATE: Tambah 105 Pasien, Kini Ada 790 Kasus Covid-19 di Indonesia", https://nasional.kompas.com/read/2020/03/25/15565841/update-tambah-105-pasien-kini-ada-790-kasus-covid-19-di-indonesia, diakses 25 Maret 2020
Kompas.com, "Selain Belajar Daring, Kemendikbud Minta Kampus Tunda Wisuda", https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/16/104025971/selain-belajar-daring-kemendikbud-minta-kampus-tunda-wisuda, diakses 25 Maret 2020
Liputan6.com, “Antisipasi Covid-19, Dikti Minta Kampus Selenggarakan Kuliah Jarak Jauh”, https://www.liputan6.com/news/read/4201640/antisipasi-covid-19-dikti-minta-kampus-selenggarakan-kuliah-jarak-jauh, diakses 25 Maret 2020
Jackson, M.M., & Songer, N.B. “Student Motivation and Internet Technology: Are Students Empowered to Learn Science?”, Journal Research in Science Teaching, 2000, 37(5): 459-479
Effendy, “Dinamika Komunikasi” PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000
DeShields OW Jr, Kara A, Kaynak E.. “Determinants of business student satisfaction and retention in higher education: applying Herzberg’s two-factor theory”. International Journal of Educational Management, 2005, 19(2): 128-139
Mohamad M. dan Awang Z.. “Building corporate image and securing student loyalty in the Malaysian Higher Learning Industry”. The Journal of International Management Studies, 2009, 4(1):30-39.
Suparman A. dan Zuhairi A., “Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek, (Ed.2)”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2004
Keegan D, “Theoretical Principles Of Distance Education”, Routledge, London, 1993
Djoko Rahardjo, Sri Suharmini, Majidah, “Kajian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Program Studi D2 Perpustakaan”, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 19, Nomor 2, September 2018, 99-118
West Richard dan Lynn H. Turner. “Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer”. Jakarta: Salemba Humanika, 2008
Nurudin. “Pengantar Komunikasi Massa”. Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada. 2007
Syaiful Rohim. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2009
Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaran”. Jakarta: Gramedia. 2007
Mowen, John C. & Minor, Michael. “Perilaku Konsumen. Terjemahan: Lima Salim”, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. 2006
Srinadi dan Nilakusmawati. “Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIP, Universitas Udayana)” Jurnal Cakrawala Pendidikan. November. Th. XXVII. 2008
Popi Sopiatin. “Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa”. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010
Fandy Tjiptono, “Manajemen Jasa”. Yogyakarta: Andi Offset. 2002
Sri Endah Wahyuningsih, “Tingkat Loyalitas Mahasiswa Atas Jasa Pendidikan Di Perguruan Tinggi”, Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No. 2, Desember 2007, 131-137
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”, Bandung: CV. Alfabeta, 2016
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, “Pengantar Statistika”, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)” (Bandung: CV. Alfabeta, 2015
Imam Ghozali, “Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS).Edisi 4.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2014
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2006
Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.
Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.
Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.
Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.
Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.