PENGARUH PERSEPSI KUALITAS MEREK DAN KEPERCAYAAN PADA KAMPANYE GREEN MARKETING TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN: STUDI KASUS KFC INDONESIA

  • Suryati Veronika Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Persepsi Kualitas Merek, Kepercayaan pada Kampanye Green Marketing, Intensi Pembelian Produk

Abstract

Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen terdiri dari dua yaitu, persepsi kualitas merek dan kepercayaan pada kampanye green marketing. Sedangkan variabel dependen hanya satu yaitu intensi pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis signifikansi pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel persepsi kualitas merek dan variabel kepercayaan pada kampanye green marketing terhadap variabel intensi pembelian produk ramah lingkungan. Pengambilan Sampel menggunakan teknik convenience sampling yaitu dengan mengambil 100 sampel pelanggan KFC Indonesia di wilayah DKI Jakarta yang selesai membeli/mengonsumsi produk KFC Indonesia, kemudian dibagikan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kualitas merek dan variabel kepercayaan pada kampanye green marketing secara parsial dan simultan berpengaruh siginifikan terhadap variabel intensi pembelian produk ramah lingkungan.

References

Mepriyanto, N. D., & Saptutyningsih, E. (2020). Pengaruh Keberadaan Industri Hasil Tembakau (IHT) Terhadap Harga Rumah Menggunakan Pendekatan Hedonic Price: Studi Pada Kawasan Sekitar PR Sukun, Kudus, Jawa Tengah. Journal of Economics Research and Social Sciences, 4(1), 72-82.

Charter, M. 1992. Greener Marketing: A Responsible Approach to Business. Sheffield, England: Greenleaf Publishing.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ramadhan, Rayi Zulva. (2018). PENGARUH PENERAPAN GREEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Study pada The Body Shop di Mall Olympic Garden Malang). Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang

Setiyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, dan Efendi. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran - Plus Tren Terkini Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneurial Marketing, dan E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahayu, L.M. Pradnyani, Yusri Abdillah, M. Kholid Mawardi. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 43 (1), 122.

Rejeki, Denik Sri, Achmad Fauzi D.H, Edy Yulianto. (2015). Pengaruh Green Marketing Pada Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 26 (1), 1-7.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20120330/12/70716/restoran-kfc-luncurkan-program-makan-sehat-organik. Diakses pada tanggal 8 Maret 2021.

https://pressrelease.kontan.co.id/release/kfc-indonesia-terapkan-gerakan-tanpa-kantong-plastik-di-banjarmasin-bali-dan-jambi?page=all Diakses pada tanggal 8 Maret 2021.

https://infobrand.id/kfc-indonesia-dukung-ajang-iymds-2019.phtml Diakses pada tanggal 8 Maret 2021.

Kotler, P., dan Kevin Lane Keller. (2009). Marketing. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat (2020). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Soh, H., Reid, L., & Whitehill-King, K. (2009). Measuring trust in advertising: Development and validation of the ADTRUST scale. Journal of Advertising, 38(2), 83-103.

MacKenzie, S. B., and Lutz, R. J. (1989). An Empirical Examination of the Structural Antecedents of Attitude Toward the Ad in an Advertising Pretesting Context, Journal of Marketing, 53 (April). 48-65.

Beltramini, R. F., and Evans, K. R. (1985). Perceived Believability of Research Results Information in Advertising, Journal of Advertising, 14 (3), 18-31.

O’Cass, A. (2002). Political Advertising Believability and Information Source Value During Election, Journal of Advertising, 26 (1), 63-74.

Hann, P., and Berkey, C. (2002). A Study of the Believability of the Forms of Puffery. Journal of Marketing Communications, 8, 243-256.

Ger, G., Belk, R. and Lascu, D. (1993), “The development of consumer desire in marketing and developing economies: the cases of Romania and Turkey”, Advances in Consumer Research, Vol. 20, pp. 102-7.

Hellier PH, Geursen GM, Carr RA, Rickard JA (2003). Customer repurchase intention – a general structural equation model. Eur. J. Mark., 37(11–12): 1762–1800.

Athiyaman, A. (1997). Linking students satisfaction and service quality perceptions: the case of university education. European Journal of Marketing, 31(7), 528-40. http://dx.doi.org/10.1108/03090569710176655

Bejou, D., Wray, B., and Ingram, T. N. (1996). Determinats of relationship quality: an artificial neural network analysis. Journal of Business Research, 36(June), 137-43. http://dx.doi.org/10.1016/0148-2963(95)00100-X

Anderson, E. W., and Sullivan, M. W. (1993). The antecedents and consequences of customer satisfaction for firms. Marketing Science, 12(2), 125-43. http://dx.doi.org/10.1287/mksc.12.2.125

Zeithaml, V.A. (1988), “Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence,” Journal of Marketing, Vol. 52, July, pp. 2-22.

Rowley, Jennifer (1998), “Promotion and Marketing Communications in the Information Marketplace”, Library Review, Vol. 47, No. 8, pp. 383-387.

Kirmani, A. and Baumgartner, H. (2000), “Reference Points Used in Quality and Value Judgements”, Marketing Letters, Vol. 11, No. 4, pp. 299-310.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Esmaeili, A., Sepahvand, A., Rostamzadeh, R., Joksiene, I., & Antucheviciene, J. (2017). Effect of integration of green constructs and traditional constructs of brand on green purchase intention of customers. E&M Economics and Management, 20(3), 219-237. http://doi.org/10.15240/tul/001/2017-3-015.

Huang, Y. C., et al. (2014). Effects of the Green brand on Green Purchase Intention. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 250-268. doi:10.1108/MIP-10-2012-0105.

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2012). Enhance Green Purchase Intentions: The Roles of Green Perceived Value, Green Perceived Risk, and Green Trust. Management Decision, 50(3), 502-520. doi:10.1108/00251741211216250.

Oliver, J.D., & Lee, S. (2010). Hybrid car purchase intentions: a cross‐cultural analysis. Journal of Consumer Marketing, 27, 96-103.

Sagala, R. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga, Reputasi Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jasa Penerbangan Lion Air Pada PT. Vina Tour & Travel Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 205–225. https://doi.org/10.54367/jmb.v17i2.415

Hendryadi, Hendryadi & Purnamasari, Diana. (2018). Model Hubungan Citra Merek, Perpsepsi Kualitas, Harga dan Intensi Pembelian Konsumen. Jurnal STEI Ekonomi. 27. 10-25.

Khasanah, Imroatul. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek

Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Henky Glass & Craft Di Semarang. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 11, 165 – 177

R. C. Puspita, and S. Suryoko, "PENGARUH IKLAN, HARGA, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK REVLON (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 418-425, Jun. 2017.

Junita, Ade, Jontro Simanjuntak (2020). Pengaruh Iklan, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, Vol.13, No.1, Juli 2020, pp. 1 - 12

Malhotra. Naresh K. Marketing Research An Applied Orientation. 4th ed. New Jersey: Prentice Hall. 2004.

Bodmer, J.W., 2009. A Cross Cultural Comparison of American and Swiss Female Perceptions of Trust on Internet Purchase Behaviors, Dissertation. 1st Edn.,Nova Southeastern University, ISBN10: 1109119356, pp: 206.

Choi, T. M., N. Liu, et al. (2010). "Fast fashion brand extensions: An empirical study of consumer preferences." Journal of Brand Management 17(7): 472-487.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-12-17
How to Cite
Veronika, S. (2021). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS MEREK DAN KEPERCAYAAN PADA KAMPANYE GREEN MARKETING TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN: STUDI KASUS KFC INDONESIA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 391-403. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.416