ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PRESS RELEASE AXA FINANCIAL INDONESIA TENTANG LAYANAN KHUSUS BAGI NASABAH INFEKSI VIRUS CORONA COVID-19 DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND TRUST

  • Wahyu Wary Pintoko Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Covid 19, Bisnis Asuransi, Analisis Wacana Kritis, Brand Trust, Press Release

Abstract

Pandemi Virus Corona atau Covid 19 mempengaruhi banyak sektor kehidupan manusia, tak terkecuali pada sektor usaha asuransi di Indonesia. Melihat fenomena ini AXA Financial Indonesia sebagai perusahaan asuransi berusaha untuk mempertahankan kepercayaan merek (brand trust) dengan cara mengurangi keresahan nasabahnya terhadap peran dan fasilitas perusahaan kepada para nasabah yang terpapar Covid 19. Usaha dilakukan melalui penerbitan press release di laman resmi AXA Financial Indonesia. Press release ini perlu di telaah lebih lanjut untuk mengetahui praktik-praktik kekuasaan di dalamnya dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis (AWK). Dari hasil penelaahan, ditemukan adanya usaha AXA Finansial mandiri menggunakan dimensi teks, dan dimensi praktik wacana untuk mempengaruhi nasabahnya. Memenuhi janji (achieving result) dan menunjukkan perhatian (demonstrate concern) menjadi cara AXA untuk mempertahankan brand trust dari para nasabahnya.

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Bastian, D. (2014). Analisa Pegaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1-9.

Chaer, A. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Cutlip, S., Center, A., & Broom,,. G. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Penerbit Kencana.

Effendy, O. U. (1990). Humans Relation dan Public Relation dalam Management. Bandung: Mandar Maju.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Fairclough, N. (1992). Discourse and Social Change. Cambridge: Polity Press.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haryatmoko. (2017). Critical Discourse, Analysis (Analisis Wacana Krisis): Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika.

Iriantara, Y. (2004). Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta: Ghalia.

Khodarahmi, E. (2009). Hubungan Media (Media Relations). Marketing Consultant. Disaster Prevention and Management, 535-540.

Komar, R. (2014). Hotel Management. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Kriyantono, R. (2008). Media Public Relations. Membangun Citra Korporat. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Tekhnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nurudin. (2008). Hubungan Media Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Oliver, R. L. (1996). Satisfaction, A Behavioral Perspective on the Customer. New York: Mc Graw Hill.

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Rosda Karya.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2003). Dasar-Dasar Publik Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode PenelitianKuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Sumarlan, D. (2003). Analisis Wacana, Teori dan Praktik. Surakarta: Pustaka Cakra.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta: Andi.

CNBC Indonesia. (2020, Maret 25). Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200324213132-4-147377/686-orang-positif-covid-19-24-provinsi-ri-terpapar-corona

Kompas.com. (2020, Maret 25). Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/12/063200865/ini-alasan-who-memberi-nama-resmi-covid-19-untuk-virus-corona

Liputan6.com. (2020, Maret 25). Retrieved from Liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3914831/ojk-punya-pr-kembalikan-kepercayaan-masyarakat-terhadap-asuransi

Merdeka.com. (2020, Maret 25). Retrieved from https://www.merdeka.com/jateng/sebelum-covid-19-inilah-sejarah-virus-corona-yang-menginfeksi-manusia-kln.html

Wartaekonomi.com. (2020, Maret 25). Retrieved from wartaekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read277081/90-persen-asuransi-jiwa-komitmen-cover-nasabah-yang-positif-corona

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-12-17
How to Cite
Pintoko, W. (2021). ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PRESS RELEASE AXA FINANCIAL INDONESIA TENTANG LAYANAN KHUSUS BAGI NASABAH INFEKSI VIRUS CORONA COVID-19 DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND TRUST. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 404-417. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.417