DIRECT MARKETING ‘GALAXY CARE’ DALAM MEMPROMOSIKAN PRU PRIME HEALTHCARE PLUS OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
Abstract
Salah satu indikator dalam mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia, adalah kesehatan. Umumnya, perawatan di rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun hal ini dapat diminimalisir dengan memiliki suatu polis asuransi. PT Prudential Life Assurance merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki asuransi kesehatan PRUPrime Healthcare Plus sebagai salah satu produknya. Program ‘Galaxy CARE’ milik PT Prudential Life Assurance memiliki tujuan kepedulian yang mencakupi seluruh masyarakat dunia untuk memiliki proteksi kesehatan yaitu PRU Prime Healthcare Plus. Pemasaran melalui aktivitas direct marketing yang efektif dapat mempromosikan produk lebih maksimal, khususnya terhadap produk asuransi kesehatan PRU Prime Healthcare Plus. Aktivitas direct marketing berupa direct mail, catalog marketing, telemarketing, online marketing, social media marketing dapat mempromosikan produk asuransi kesehtaan PRU Prime Healthcare Plus. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah medote penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari fenomena perilaku manusia yang diamati. Penelitian ini memaparkan gambaran mengenai direct marketing ‘Galaxy CARE’ dalam mempromosikan asuransi kesehatan PRU Prime Healthcare Plus oleh marketing communication PT. Prudential Life Assurance melalui observasi dan wawancara semi terstruktur sebagai sumber data primer dan studi pustaka yang berasal dari buku-buku dan arsip pendukung lainnya sebagai sumber dara sekunder. Marketing communication PT Prudential Life Assurance berupaya memaksimalkan kegiatan pemasaran melalui direct marketing seperti direct mail, catalog marketing, telemarketing, online marketing, dan social media marketing, dari yang sebelumnya produk asuransi PRU Prime Healthcare Life lebih banyak dipasarkan melalui personal selling. Aktivitas direct marketing melalui online markeing dengan aplikasi zoom dalam mengedukasi calon nasabah mampu menjangkau nasabah yang lebih luas bahkan melingkupi masyarakat dunia berperan penting bahkan di masa pandemi sekalipun sebagaimana arti direct marketing ‘Galaxy CARE’ yang peduli kesehatan dengan memberikan proteksi kesehatan yang mencakupi seluruh masyarakat dunia dalam mempromosikan asuransi kesehatan PRU Prime Healthcare Plus.
References
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Marketing Management, 15th, New Jersey, 2016
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip- Prinsip Managemen, Edisi 14, Jakarta, 2014
Donni Juni Priansa, S.pd., S.E., M.M., QWP, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pustaka Setia, Bandung, 2017.
Haris Herdiansyah, Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Salemba Humanika, Jakarta, 2011
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bnadung, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2014
Antonius Bungaran Simanjuntak, Metode Penelitian Sosial, Yayasan Pustaka Obor, Jakarta, 2014
Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.
Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.
Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.
Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.
Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.