KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI, PADA KARYAWAN GENERASI Y

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Generasi Y, Komitmen terhadap Organisasi, Nilai kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah pengaruh nilai kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen terhadap organisasi pada karyawan generasi Y. Penelitian melihat pengaruh secara parsial dan secara simultan antara nilai kerja, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Sampel penelitian merupakan generasi Y sebanyak 120 orang pada perusahaan XYZ dengan teknik sampling non probability sampling dan penarikan data menggunakan kuesioner berskala Likert. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada kuesioner serta menggunakan uji regresi untuk melihat pengaruh antar variabel dependen dengan variabel independen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan nilai kerja dan kepuasan kerja secara simultan terhadap komitmen karyawan pada generasi Y. Variabel nilai kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan pada generasi Y sedangkan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan pada generasi Y.

References

Allen, N.J. dan J.P. Meyer., 1991, The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organizational. Journal of Occupational Psychology, 63 (1): 1- 18,

Among Makarti Vol.9 No.18, The Problem of Generations. Essays on the Sociology of Knowledge, 2016.

Caspi, A., Roberts, B. W., & Shiner, R. L, 2005, Personality development: Stability and change. Annual Review of Psychology

Mannheim, Karl,. 1991, Ideologi dan Utopia: Menyingkap Kaitan Pikiran dan Politik. Terj. F. Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius

Noble, S. M., & Schewe, C. D. Cohort, 2003, Segmentation: An exploration of its validity. Journal of Business Research, 56(12)

Oktariani, Dwi, Aida Vitalaya Hubeis dan Dadang Sukandar. 2017. Kepuasan Kerja Generasi X dan Generasi Y terhadap Komitmen Kerja di Bank Mandiri Palembang. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No.1, Januari

Paramitha Yudith dan Ihalauw John J.O.I., 2018, Persepsi Generasi Y mengenai pekerjaan, komitmen kerj dan keberlanjutan kerja

Sito Meiyanto dan Fauzan Heru Santoso, 1999, Nilai-Nilai Kerja dan Komitmen Organisasi: Sebuah Studi dalam konteks pekerja Indonesia, Jurnal Psikologi, Universitas Gadjah Mada, No. 1, 29-40

Smola, K.W., & Sutton, C.D., 2002, Generational differences: revisiting generational work values for the new millennium. Journal of Organizational Behavior, 23, 363-382

Stephen, Robbins, 2015, Perilaku Organisasi, Edisi Terjemahan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Twenge, J. M., 2007, Social exlcusion decreases prososial behavior. Journal of personality and social psychology

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-12-17
How to Cite
Adiawaty, S. (2021). KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI, PADA KARYAWAN GENERASI Y. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3), 455-461. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i3.420