PENGARUH MOTIVASI, EMOTIONAL QUOTIENT DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KINERJA GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN INFORMAL DI WILAYAH BOGOR

  • Bernard E. Silaban
Keywords: Motivasi, Emotional Quotient, Adversity Quotient, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh motivasi, emotional qoutient dan adversity quotient terhadap kinerja guru pada Lembaga Pendidikan Inf ormal di Wilayah Bogor . Metode penelitian menggunakan metode asosiatif, pengumpulan data melalui kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 60 guru menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun metode analisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas, analisis deskriptif variabel penelitian, regresi linier berganda, uji statistik F dan t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa guru berada dalam kategori sangat termotivasi, sangat cerdas emosi, sangat cerdas dayajuang dengan kinerja yang sangat bagus. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi, emotional qoutient dan adversity quotient secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan hasil uji t menunjukkan bahwa emotional qoutient dan adversity quotient secara parsial berpengaruh signifi9kan terhadap kinerja guru sedangkan motivasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan. terhadap kinerja guru pada Lembaga Pendidikan Informal di wilayah Bogor.

References

Ayundasari, D.Y., Sudiro, A. dan Irawanto, D.W. 2017, Improving Employee Performance Through Work Motivation and Self-Efficacy Mediated By Job Satisfaction, Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 15 No 4.

Donohoe, A. 2019, www.businessdictionary.com,

Durianto, D., Sugiarto, Sitinjak, T. 2004, Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset

Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.

Erik, W. &. Paul, G. S. 2008, “Mengubah Masalah Menjadi Berkah” (Alih Bahasa:

Kusnanadar). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fitriastuti, T. 2013, Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan

Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Dinamika

Manajemen (JDM) Vol 4 No. 2.

Goleman, D. 1995, "Emotional Intelligence-Why It Can Matter More Than IQ".

Lasman, K. dkk., 2018, “Pengaruh Emotional Quotient, Spiritual Quotient dan

Adversity Quotient Terhadap Kinerja Pegawai Poltekkes Kementerian Kesehatan

Palu” E Jurnal Katalogis, Volume 6..

Robbins, P., S. 2006, Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia, Jakarta. Sugiono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Shahzadi, I. et all. 2014, Jurnal Bisnis dan Manajemen Eropa, ISSN Online 2222-2839

Vol.6 No.23, Universitas Islamia Bahawalpur, Pakistan

Stoltz, G., P. 2000,“Adversity Quotient, Turning Obstacles Into Opportunities”,

Michael R Baye & Jeffrey T Prince, 2016, Ekonomi Manajerial dan Strategi Bisnis, Edisi 8, Buku 1, Salemba Empat.

Published
2022-04-29
How to Cite
Silaban, B. (2022). PENGARUH MOTIVASI, EMOTIONAL QUOTIENT DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KINERJA GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN INFORMAL DI WILAYAH BOGOR. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 1 - 13. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i1.468