PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP CITRA MEREK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI MOTOR HONDA BEAT SERIES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli, melalui Citra Merek. Variabel eksogen adalah Kualitas Produk dan Harga, variabel endogen adalah Minat Beli dan variabel intervening adalah Citra merek. Populasi dalam penelitian ini adalah mereka yang berminat beli motor Honda BeAT Series yang jumlahnya tidak diketahui. Dengan menggunakan rumus Lemeshow, maka jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengolahan data menggunakan SEM menggunakan aplikasi SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk mempengaruhi secara signifikan Citra Merek Honda BeAT Series, namun Harga tidak mempengaruhi secara signifikan Citra Merek Honda BeAT Series. Kualitas Produk dan Citra Merek tidak mempengaruhi secara signifikan Minat Beli Honda BeAT Series, namun Harga mempengaruhi secara signifikan Minat Beli Honda BeAT Series. Selanjutnya, Kualitas Produk dan Harga tidak mempengaruhi secara signifikan Minat Beli Honda BeAT Series dengan dimediasi oleh Citra Merek.
References
Ahmad, M., Tumbel, T., & Kalangi, J. 2020. "Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado". JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), Vol. 10 No.1, hal. 25-31. https://doi.org/10.35797/jab.v10.i1.25-31
Andrianto, R. "Ini Dia Motor Terlaris Se-Indonesia! Kamu Punya?" CNBC Indonesia, 26 Januari 2022. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220125171312-4- 310365/ini-dia-motor-terlaris-se-indonesia-kamu-punya
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2001. Strategi Menaklukan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia.
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS).Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gircela, D., & Wati, L. N. 2019. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen". JURNAL EKOBIS: EKONOMI, BISNIS & MANAJEMEN Vol.9 No. 1, hal. 9-24 https://doi.org/10.37932/j.e.v9i1.45
Hair, J.F., Sarstedt, M., Ringle, C.M., & Mena, J.A. 2012. An assessment of the use of partial least squares structural equation modeling in marketing research. J. of the Acad. Mark. Sci. 40, 414–433. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0261-6
Kotler, P. & Armstrong, G. 2010. Principles of Marketing, thirteen edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. 2021. "Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur". Jurnal STEI Ekonomi,
Vol. 30 No.02, hal. 11-19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462
Lemeshow, S. et. al. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Malhotra, N.K. 2009. Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1. Jakarta: PT Indeks. Marvianta, Y. A., & Saputra, A. 2022. "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Citra Merek dan Implikasinya pada Keputusan Pembelian Mobil Diecast". Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 1, hal. 3356–3365. Diakses dari
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3403
Oktavianti, R. ., & Budiarti, A. 2021. "Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek (Studi Pada Konsumen KOI Bubble Tea Tunjungan Plaza Surabaya)". INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, Vol. 5 No.1, hal. 112-127. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.216
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk
Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.
Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Triyanti, N. & Prastyani, D. 2020. "Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Laptop Merek Acer Melalui Citra Merek". JCA Ekonomi, Vol. 1 No. 2, hal. 598-605. Diakses dari https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/v iew/114
Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.
Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.