PUBLIKASI ‘EMADO’S SHAWARMA: PUAS MAKAN SATU EKOR AYAM PANGGANG PALESTINA YANG EMPUK DAN JUICY’ DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS MENU ROASTED CHICKEN OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. EMADO’S KEBAB INDONESIA
Abstract
Publikasi adalah salah satu strategi dalam mempromosikan produk. PT. Emado’s Kebab Indonesia adalah perusahaan yang memanfaatkan media publikasi sebagai salah satu strategi mempromosikan produk makanannya, salah satunya menu Roasted Chicken. Publikasi dengan judul ‘Emado’s Shawarma: Puas Makan Satu Ekor Ayam Panggang Palestina Yang Empuk Dan Juicy’ yang dilakukan oleh marketing communication PT. Emado’s Kebab Indonesia bertujuan mendorong calon konsumen dan konsumen untuk mengingat (recall), mengetahui dan memahami (recognition), memilih (purchase), dan membeli (consumption) menu Roasted Chicken. Beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini, seperti marketing communication, marketing mix, publlikasi, brand awareness, matriks, dan matriks variabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder sebagai sumber data melalui observasi, dokumentasi, wawancara semi terstruktur dengan beberapa narasumber, dan triangulasi. Selanjutnya peneliti menganalisis dan membahas keterkaitan antara kedua variabel yaitu unsur-unsur publikasi berupa sumber, pesan, media, manajemen kegiatan, dan audiens dalam menciptakan brand awareness suatu produk dengan menerapkan analisis matriks yang dikaitkan dengan teori-teori dan hasil wawancara dengan narasumber. Penelitian ini menemukan bahwa strategi pemilihan dan penggunaan media publikasi oleh marketing communication PT Emado’s Kebab Indonesia lebih maksimal dalam menciptakan brand awareness menu Ayam Panggang/Roasted Chicken. yaitu dari media publikasi Instagram dengan mengunggah menu Roasted Chicken di feed dan Instagram cerita, Tiktok yang banyak digunakan terutama oleh remaja yang lebih banyak menampilkan video yang dapat dimanfaatkan untuk memposting konten mengenai kelezatan, kenikmatan, empuk dan juicynya menu Ayam Panggang/Roasted Chicken, dan Food.detik.com dengan judul publikasi ‘Puas Makan Satu Ekor Ayam Panggang Palestina yang Empuk Juicy’ lebih maksimal dalam mendorong calon konsumen dan konsumen untuk mengingat (recall), mengetahui (recognition), memilih (purchase), dan membeli (consumption) menu Roasted Chicken.
References
Liliweri, A. 2011, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta: Kencana
Simanjuntak, A.B. 2014, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Aaker, D. 2018, Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Mitra Utama
Tjiptono, F.2015, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset
Herdiansyah, H. 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta:
Salemba Humanika
Moleong, L.J. 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Maryolein, S., Hapsari, N.D. & Oktaviani, R.C. 2019, Instagram Sebagai Media Publikasi
dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium, Jurnal Budiluhur, (online),
(https://journal.budiluhur.ac.id, diakses 15 Agustus 2022)
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2014, Prinsip- Prinsip Managemen, Edisi 14, Jakarta:
Erlangga
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2016, Marketing Management, 15th, New Jersey Kriyantono, R. 2014, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Prenada Media
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.
Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.